BTT itu bisa dipakai Pemprov DKI untuk membeli obat atau peralatan kesehatan bagi pasien gangguan gagal ginjal akut
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mendukung penanganan kasus gagal ginjal akut yang  dialami  anak-anak di Jakarta menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT).
 
Menurut Iman, anggaran BTT itu bisa dipakai Pemprov DKI untuk membeli obat atau peralatan kesehatan bagi pasien gangguan gagal ginjal akut.
 
"Kami beri dukungan kalau memang diperlukan untuk pembelian obat-obat ataupun alat-alat yang dibutuhkan. Kan kami sudah siapkan dana itu di BTT dan itu bisa kami pakai untuk melakukan penanganan kasus itu," kata Iman di Jakarta, Selasa.
 
Iman melanjutkan bahwa dalam kasus gagal ginjal akut di Jakarta, Pemprov DKI telah mempersiapkan diri yang bisa dilihat dari persiapan penanganan pasien yang dirawat di rumah sakit (RS), kemudian sosialisasi gangguan ginjal akut di fasilitas kesehatan serta berbagai kanal lainnya termasuk di car free day dan lokasi lainnya.
 
"Fasilitas kesehatan juga sudah diberikan arahan-arahan. Jadi, kalau nanti ada masyarakat yang sakit, DKI enggak panik lagi dan tahu cara pencegahannya," ucap Iman.
 
Sebelumnya, Widyastuti juga mengatakan 49 persen dari 90 pasien gagal ginjal akut di Jakarta meninggal, yang terhitung sejak Januari 2022 sampai Oktober 2022.
 
"Saya sampaikan dari Januari dari 90 yang tercatat, 49 persen meninggal, kemudian sedang dirawat saat ini 26 orang anak, kemudian yang sembuh (survive) 15 anak," ucap dia.
 
Persebaran kasus gagal ginjal akut ini, kata dia, tidak semua pasien berdomisili di DKI Jakarta, dengan rincian 56 persen persen berdomisili DKI, 20 persen di Jawa Barat, 12 persen di Banten, serta 15 persen lainnya di luar Jabodetabek.
Baca juga: DPRD DKI sebut pengadaan RS khusus anak sebagai usul yang baik
Baca juga: Kemenkes distribusikan obat penawar gangguan ginjal ke faskes DKI
Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan satu warganya sembuh dari penyakit ginjal akut

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022