Jakarta (ANTARA) - Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda 2022 menjadi momentum untuk mengambil spirit dan komitmen bersatu dalam keragaman.

Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 28 Oktober dengan mengusung tema 'Bersatu Bangun Bangsa'.

"Kita harus mengambil spirit dan komitmen untuk bersatu dalam keragaman. Bagaimana keragaman itu bisa menjadi satu kekuatan, dan anak muda bisa berperan secara optimal dalam membangun komitmen bersatu membangun bangsa secara bersama," kata Ni'am dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut Ni'am, dalam membangun sebuah bangsa perlu ada sinergi dari semua pihak. Tak hanya kaum muda saja, seluruh elemen masyarakat harus bersatu demi mewujudkan cita-cita bangsa.

"Semuanya punya tanggung jawab membangun bangsa. Kita harus menggelorakan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Harus ada kesadaran secara kolektif," kata dia.

Baca juga: Semangat sambut HSP menggelora usai Kemenpora gelar turnamen olahraga

Dalam puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022, Ni'am mengungkapkan serangkaian acara bakal bergulir semisal, kemah pemuda Indonesia, senam bersama, hingga kirab.

"Jadi spiritnya kita dorong partisipasi dan perwakilan keterlibatan anak muda. Membangun komitmen bersama di tengah keberagaman. Anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas harus kita dukung untuk bisa berprestasi," kata Ni'am.

Dia juga menjelaskan alasan pemilihan IKN sebagai lokasi puncak Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 karena salah satu bagian dalam membangun sejarah.

"Pemilihan IKN salah satunya adalah komitmen kita bersama dalam membangun sejarah masa depan. Ini jadi salah satu tonggak sejarah untuk masa depan dalam menyongsong era keemasan," kata dia.

"Momentum Hari Sumpah Pemuda harus kita jadikan kesempatan untuk merefleksi kembali spirit kebersamaan di tengah keragaman," pungkas Ni'am.

Baca juga: Tim futsal DPP Mapancas juara turnamen Road to Hari Sumpah Pemuda 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022