Kuningan (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar workshop pengembangan model bisnis pertanian bagi para petani serta kelompok tani di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat..

"Kami harapkan workshop ini tidak hanya sekedar seremonial saja, karena program ini dipantau. Kami berharap semua bisa diterapkan setelah mengikuti workshop," kata Dirjen Bina Bangda Kemendagri Teguh Setyabudi saat memberikan sambutan melalui daring pada workshop pengembangan model bisnis pertanian di Kuningan, Rabu.

Teguh mengatakan sektor pertanian berperan penting dalam mendukung perekonomian nasional, dan berpotensi menyerap tenaga kerja yang banyak, sehingga dapat mendorong penanggulangan kemiskinan.

Untuk itu lanjut Teguh, petani sebagai aktor utama menjadi sangat penting keberadaannya untuk didukung dan dioptimalkan, agar produktivitas serta kesejahteraannya terus meningkat.

Baca juga: Kemendagri upayakan bangun bisnis model "closed loop" bagi petani

Menurutnya dengan adanya workshop tersebut, nantinya para petani dapat meningkatkan keahlian mereka, terutama pada masalah bisnisnya, agar apa yang telah dihasilkan bisa memberikan nilai tambah lebih bagi mereka.

"Ini menjadi tantangan bagi kami semua untuk mengupayakan solusinya, agar sektor pertanian dapat optimal mendukung perekonomian nasional," tuturnya.

Teguh menambahkan selain itu, para petani juga harus mulai memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, apalagi saat ini semua telah memiliki gawai dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Pemanfaatan teknologi lanjut Teguh, bisa memberikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan banyak rumah tangga dan petani di perdesaan.

Baca juga: Kemendagri berharap makin banyak muncul kota cerdas di Indonesia

Ia berharap dengan kegiatan workshop kali ini, bisa menjadi momentum untuk merumuskan dan menyepakati model bisnis pertanian terintegrasi yang dapat dikembangkan oleh daerah.

"Sehingga nantinya ketika apa yang dilakukan di Kabupaten Kuningan berhasil, bisa kami terapkan di daerah lain," katanya.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan sektor pertanian di Kabupaten Kuningan memang perlu dilakukan perbaikan, mulai dari tanam, pendistribusian, maupun penjualan.

Menurut Acep, potensi pertanian khususnya. holtikultura di daerah itu cukup baik, akan tetapi masih banyak terkendala dengan pemasaran.

"Kami memang memiliki lahan produktif yang baik, tapi secara bisnis belum profesional. Banyak hasil pertanian kami yang dijual ke Kota Cirebon, karena pemasaran masih menemukan kendala, termasuk pembangunan pasar," katanya.

Baca juga: TKPK kunci percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022