Inari Expo juga menjadi wadah bagi para pelaku-pelaku usaha berbasis riset dan inovasi untuk bisa memperkenalkan produk-produknya, bisa meningkatkan kerja sama dan menjalin kemitraan, bisa lebih mengenal satu dengan yang lain
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan Indonesia Research and Innovation (Inari) Expo 2022 menjadi wadah bagi seluruh pihak untuk menjalin kerja sama untuk hilirisasi hasil riset dan inovasi.

"Inari Expo juga menjadi wadah bagi para pelaku-pelaku usaha berbasis riset dan inovasi untuk bisa memperkenalkan produk-produknya, bisa meningkatkan kerja sama dan menjalin kemitraan, bisa lebih mengenal satu dengan yang lain," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam Inari Expo 2022 yang diikuti virtual di Jakarta, Kamis.

Inari Expo 2022 yang mengangkat tema Digital, Blue and Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi juga menjadi wahana untuk mendiseminasikan hasil riset dan inovasi Indonesia kepada publik.

Ia berharap dukungan dari berbagai kalangan ke depan bisa semakin kuat mengalir baik dari akademisi, industri, komunitas dan badan riset dan inovasi daerah untuk menyukseskan Inari Expo mendatang.

Acara tahunan pameran riset dan inovasi terbesar di Indonesia tersebut diharapkan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia, dan menjadi katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun juga menginisiasi kerja sama dengan berbagai pihak termasuk industri baik di tingkat nasional maupun internasional.

Perwakilan dari panitia Inari Expo 2022 Damar Rusli mengatakan riset dan inovasi ke depan akan menjadi tulang punggung kemajuan Indonesia. Oleh karenanya, kolaborasi dengan pihak industri akan memberikan daya dorong yang besar terhadap kemajuan riset dan inovasi di Tanah Air.

"Inari Expo bukanlah pameran biasa sebab di dalamnya tidak hanya dimaksudkan untuk menjadi ajang pamer dari berbagai produk riset dan inovasi tapi juga sebagai platform di mana seluruh pihak dapat saling berbagi, mengeksplorasi jejaring kemitraan baru, dan mendorong terjadinya kolaborasi dengan banyak pihak," katanya.

Sekitar 239 peserta mengikuti Inari Expo 2022 yang berlangsung pada 27-30 Oktober 2022 di Gedung ICC, Cibinong Science Center,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Para peserta tersebut terdiri dari perwakilan badan usaha milik negara, perwakilan badan usaha milik daerah, Asean-India Start up Festival, perwakilan negara G20, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMP.

Pameran riset dan inovasi itu meliputi kegiatan antara lain seminar, pertemuan bisnis, lokakarya, acara bincang-bincang, pencocokan bisnis, klinik konsultasi, Youth Research and Innovation Fair, Halal Tech Expo 2022, ASEAN India Start up Festival 2022, start up program pengusaha pemula berbasis riset BRIN, dan zona G20.

Baca juga: BRIN perkuat ekosistem riset dan inovasi melalui Inari Expo 2022

Baca juga: BRIN dukung InaRI Expo sebagai ruang ekspresi inovator Indonesia

Baca juga: Inovasi Indonesia Expo 2020 dorong hilirisasi hasil riset dan inovasi

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022