Tahun ini kami sudah bangun sumber PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di tujuh kampung di Kabupaten Pegunungan Arfak dan dua kampung di Kabupaten Teluk Bintuni. Tetapi untuk yang di Bintuni belum dialirkan
Manokwari (ANTARA) - PT PLN, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik di sembilan kampung di Provinsi Papua Barat pada 2022.

Kepala PLN UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur, di Manokwari, Jumat, menjelaskan, menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI per 2021, ada 33 kampung dalam lingkungan kerjanya yang belum terlayani tenaga kelistrikan.

"Tahun ini kami sudah bangun sumber PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di tujuh kampung di Kabupaten Pegunungan Arfak dan dua kampung di Kabupaten Teluk Bintuni. Tetapi untuk yang di Bintuni belum dialirkan," ujar dia.

Roberth menjelaskan belum dialirkannya tenaga listrik tersebut lantaran permintaan masyarakat agar kebutuhan listrik di dua kampung itu ditanggung atau dibantu oleh pemerintah daerah setempat.

Padahal, PLTS yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik di dua kampung itu disebutnya sudah siap dalam empat bulan terakhir.

Ia mengatakan, 33 kampung yang belum teralirkan listrik menurut data Kementerian ESDM itu terbanyak berada di Kabupaten Pegunungan Arfak, disusul Kabupaten Teluk Bintuni lalu Kabupaten Teluk Wondama.

Secara umum, PLN UP3 Manokwari yang membawahi enam kabupaten di antaranya Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, sebagian wilayah Tambrauw, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama itu memiliki 104 ribu pelanggan listrik.

Sebanyak 90 persen pelanggan listrik tersebut menggunakan meteran pra bayar (token) sedangkan 10 persen lainnya masih menggunakan layanan pasca bayar.

Baca juga: PLN Papua listriki delapan desa di Manokwari

Baca juga: PLN akan bangun jaringan transmisi 150 kV pertama di Manokwari


 

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022