Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora pada Jumat (28/10) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, di antaranya Sumpah Pemuda menjadi momentum kebangkitan konten kreatif dan pertambahan penerima vaksin dosis ketiga.

Satgas COVID-19: Penerima vaksin dosis ketiga bertambah 33.684 orang

Jakarta (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan jumlah penerima vaksin dosis ketiga bertambah sebanyak 33.684 orang pada Jumat.

Berdasarkan data yang dihimpun di Jakarta, dari penambahan jumlah tersebut, total penduduk Indonesia yang sudah mendapat vaksin dosis ketiga ini sebanyak 64.942.521 jiwa.

Sendratari Ramayana Kolosal telah dipentaskan di lima kota India

Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bekerja sama dengan KJRI Mumbai serta Steam House Corporation India mementaskan Sendratari Ramayana Kolosal di lima kota di India pada 5-10 Oktober 2022.

"Pertunjukan Sendratari Ramayana Kolosal yang menjadi ikon atraksi budaya di Kawasan Candi Prambanan kini memulai kembali debut internasionalnya dengan keliling di lima kota di India," kata Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat.

Mendikbudristek: Bahasa Indonesia rajut beragam suku bangsa

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahasa Indonesia diciptakan untuk merajut beragam suku, agama, etnis, dan golongan menjadi satu kesatuan.

"Oleh karena itu, bahasa Indonesia memiliki keunggulan dalam hal sifatnya yang terbuka. Bahasa Indonesia dengan leluasa menyerap banyak kosa kata, istilah, serta konsep, baik dari bahasa asing maupun bahasa daerah," katanya di Jakarta, Jumat.

Wapres Ma'ruf: Sumpah Pemuda jadi momentum kebangkitan konten kreatif

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan peringatan Sumpah Pemuda menjadi momen untuk membangkitkan kreativitas dan ekonomi anak bangsa.

"Saya ingin mendorong santri, kalau dulu berjihad melawan musuh, sekarang berjihad melalui ekonomi digital dan juga konten-konten kreatif," kata Wapres saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat.

Pertemuan puncak menteri kesehatan G20 hasilkan enam tindakan utama

Bali (ANTARA) - Pertemuan puncak para menteri kesehatan (2nd HMM) G20 pada 27-28 Oktober di Bali menghasilkan enam tindakan utama untuk merealisasikan arsitektur kesehatan global yang dirangkum dalam dokumen teknis.

"Kami senang dan percaya diri menerapkan tindakan yang dituangkan dalam dokumen reknis mendukung ide dan inisiatif dalam memperkuat rancangan arsitektur kesehatan global," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers 2nd HMM di Bali, Jumat.

Wamendagri pimpin penyelam peringati Sumpah Pemuda di bawah laut

Jayapura (ANTARA) - Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, Jumat (28/10) memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda di bawah laut Jayapura diikuti Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feriyanto Marpaung, Dir Polair Polda Papua Kombes Andi Anugra dan komunitas penyelam.

Upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-94 itu ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan di Tandjung Kayu Batu, Jayapura di kedalaman 12 meter diikuti 63 penyelam.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022