Jakarta (ANTARA) - Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian PPN/ Bappenas Maliki menyampaikan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) akan menjadi bekal utama bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menjangkau seluruh warga Indonesia, tanpa terkecuali.


Dalam acara bertajuk Regsosek Talk: Generasi Muda Membangun Negeri oleh Bappenas yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin, ia menjelaskan Regsosek hadir sebagai suatu sistem dan basis data kependudukan yang mencakup profil, kondisi sosial dan ekonomi, serta tingkat kesejahteraan penduduk.


Dengan itu, adanya program pendataan ini diharapkan dapat membuat pembangunan nasional lebih terfokus pada kebutuhan masyarakat, sehingga akan meningkatkan kualitas belanja negara.


“Hal ini tentunya sangat baik, dalam mencegah inefisiensi anggaran (belanja), akibat kurangnya data yang berkualitas,” kata Maliki.

Baca juga: Warga Jakarta diminta jujur saat BPS gelar Regsosek malam hari

Dalam kesempatan ini, ia berharap Regsosek dapat menjadi instrumen bagi generasi muda bersifat kritis, sebagai upaya mendorong dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan gerakan perubahan yang positif.


Selain itu, juga dapat membantu generasi muda dalam mengidentifikasi masyarakat dan kelompok yang membutuhkan dukungan dan memerlukan sentuhan perubahan.


“Di sinilah regsosek berperan menjadi pendukung, katalis dan enabler bagi semua, termasuk pemerintah dan kaum muda, dalam pencapaian cita cita bangsa yang sejahtera adil dan bermartabat,” kata Maliki.


Dia menjelaskan, saat ini 50 persen generasi produktif berasal dari generasi muda, sehingga inovasi mereka diharapkan terus berkontribusi dalam transformasi ekonomi, termasuk penghapusan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Baca juga: BPS turunkan puluhan personel regsosek ABK WNI di pelabuhan

“Sebagai generasi yang akrab terhadap dunia internet dan media sosial, kejelasan dalam penggunaan big data menjadi sangat penting. Big data memiliki peran penting dalam pengambilan kebijakan strategis dalam berbagai bidang,” kata Maliki.


Tidak hanya bagi generasi muda, ia juga berpesan kepada semua pihak untuk mendukung program pendataan Regsosek ini, mulai dari pengumpulan, pengolahan, pemanfaatan, hingga pengelolaan jangka panjang data yang didapatkan, sehingga pembangunan nasional yang berkualitas dapat tercapai di masa mendatang.
 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022