Jakarta (ANTARA) - Duet pebalap Formula1 dari tim Red Bull Racing Max Verstappen dan Sergio Perez tampil apik di Grand Prix (GP) Meksiko, Minggu waktu setempat (Senin WIB), dan kebanggaan itu cukup terasa saat kedua pebalap satu tim itu bisa naik podium ganda.

Meksiko merupakan kampung halaman dari Sergio Perez yang pada balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez merebut podium tiga, sedangkan Max Verstappen sukses menjadi yang terbaik dan memecahkan rekor 14 kemenangan dalam satu musim. Di posisi dua ada Lewis Hamilton dari tim Mercedes.

"Podium ganda bisa kembali diraih pebalap Red Bull. Ini yang ketujuh kalinya musim ini. Selain mencetak rekor bagi Max Verstappen, hasil di Meksiko juga membawa Sergio Perez kembali naik ke posisi dua klasemen," kata Market Development Director PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia Sri Adinegara selaku salah satu sponsor tim dalam keterangan resminya, Senin.

Pada GP Meksiko Max Verstappen sukses merebut kemenangan ke-14 dalam satu musim atau memecahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Michael Schumacher (2004) dan Sebastian Vettel (2013) yang menang 13 kali sepanjang musim.

Baca juga: Verstappen cetak rekor 14 kemenangan semusim di GP Meksiko

"Balapan yang luar biasa sepanjang musim ini, kami benar-benar menikmatinya dan kami akan mencoba untuk menambah lagi kemenangan. Meraih 14 kemenangan sepanjang musim merupakan hasil kerjasama semua di tim," kata Max Verstappen.

Berlaga di rumah, Sergio Perez sebenarnya mengincar podium pertama. Namun kondisi balapan memang dinamis. Meski demikian pebalap 32 tahun tetap bangga dengan pencapaiannya di kampung halaman sendiri.

"Terasa sangat luar biasa bisa di podium, tapi saya ingin lebih di balapan ini. Sirkuit ini sangat luar biasa, penonton yang datang, dan saya tak akan lupakan momen ini berkat kehadiran mereka,” kata Sergio Perez.

Baca juga: Tim rival memandang Red Bull harusnya dapat penalti lebih berat

Bagi tim Red Bull Racing, Formula 1 musim ini sangat istimewa karena mampu mengunci gelar juara dunia lewat Max Verstappen serta gelar konstruktor meski balapan masih menyisakan dua seri yakni GP Brazil dan GP Abu Dhabi.

"Mobil Lubricants sebagai sponsor sangat mengapresiasi kerja keras tim, dan semoga di dua seri terakhir tim bisa kembali meraih kemenangan, dan menambah lagi catatan sejarah Tim Red Bull Racing di balapan Formula 1.” kata Sri Adinegara menambahkan.

Pada klasemen pebalap, Max Verstappen kokoh di puncak dengan raihan 416 poin di susul Sergio Perez dengan 280 poin dan di posisi tiga ada pebalap Ferrari Charles Leclerc dengan 275 poin. Untuk konstruktor Red Bull dengan 696 poin, Ferrari 487 poin dan Mercedes-AMG dengan 447 poin.

Baca juga: Red Bull kena denda tujuh juta dolar karena langgar batas bujet F1

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022