Jakarta (ANTARA) - PT Unilever Indonesia kembali meluncurkan program “Every U Does Good Heroes 2022” untuk mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat.

“Sejalan dengan strategi ‘The Unilever Compass’, kami percaya perusahaan yang akan bertahan di masa depan adalah yang menjalankan bisnis berdasarkan purpose yang kuat dan memberi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristi Nelwan saat dijumpai di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.

Pada pelaksanaan perdananya tahun lalu, program ini telah menjangkau ratusan anak muda yang memiliki ide, gerakan ataupun program yang luar biasa. Keunikan program “Every U Does Good Heroes” adalah bahwa kesepuluh heroes terbaik bukan hanya mendapatkan micro grant dari Unilever Indonesia, namun juga pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman.

Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka.

Kampanye “Every U Does Good” sejalan dengan perkembangan perilaku konsumen, khususnya para milenial dan Gen-Z, yang semakin peduli terhadap isu lingkungan dan sosial, salah satunya terlihat dari preferensi mereka dalam memilih produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2022 yang dirilis September 2022 lalu memperlihatkan bahwa 67 persen milenial dan 66 persen Gen-Z bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan produk dan layanan yang memiliki dampak baik untuk lingkungan.

Selain itu, studi Databoks pada September 2022 juga menunjukkan bahwa 36,2 persen milenial dan Gen-Z mulai melirik brand atau produk yang peduli pada lingkungan sosial2.

Dalam “Every U Does Good” terdapat 15 brand Unilever Indonesia yang berpartisipasi. Brand-brand tersebut memiliki purpose yang kuat sejalan dengan tiga pilar kebaikan dalam strategi “The Unilever Compass”. 15 brand tersebut beberapa diantaranya termasuk Royco, Lifebuouy, Pepsodent, Vaseline, Buavita, Dove dan masih banyak lagi.

Dengan sesederhana memilih brand-brand tersebut, konsumen telah turut berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif.

“Sinergi antara brand dan orang-orang dengan purpose yang kuat akan bisa membawa perubahan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan dalam skala yang lebih besar. Oleh karena itu, melalui “Every U Does Good Heroes” kami ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis dalam mengatasi masalah dan mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial,” ujar Kristi.

Baca juga: RSGMP Unhas berikan layanan pemeriksaan gigi gratis

Baca juga: Kemendikbud gandeng pihak swasta gencarkan sosialisasi PHBS

Baca juga: Unilever berikan beasiswa untuk mahasiswa penyandang disabilitas


Cara bergabung dengan “Every U Does Good Heroes”

Para peserta dapat mendaftar melalui laman https://s.id/EUDGHeroes2022 mulai haru ini tanggal 1 hingga 25 November 2022. Setelah itu, peserta dapat mengirimkan video proposal berdurasi 1 sampai 3 menit.

Pada 5 Desember mendatang, Unilever akan memilih 100 EUDG Heroes yang kemudian akan mengikuti EUDG Heroes Orientation & Summit dari Desember hingga Januari 2023.

Kemudian, peserta membuat video proposal kedua dan dapat dikirim mulai Januari hingga Februari 2023. Terakhir, Unilever akan memilih 10 EUDG Heroes yang akan mendapatkan pelatihan serta Micro Grant Rp50 juta pada Februari 2023.

“Semoga seluruh peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mampu mengasah kemampuan mereka untuk menjadi sosok sociopreneur yang handal, sehingga memberikan dampak nyata dalam menyebarluaskan semangat kebaikan di tengah generasi muda Indonesia,” tutup Kristi.

Baca juga: Unilever raup laba bersih Rp3,4 triliun pada paruh pertama 2022

Baca juga: Prevalensi gigi karies bertambah saat pandemi COVID-19


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022