Waspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng timur dan lereng barat, dan pantai barat Sumut
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir dan longsor di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng timur dan lereng barat, dan pantai barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan, Martha R. Manurung di Medan, Rabu.

Secara umum, cuaca di Sumut dua hari ke depan pada siang hingga sore hari berpotensi hujan lebat yang berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah.

Baca juga: BMKG: Warga bantaran sungai di Sumut waspadai potensi banjir

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat di pegunungan Sumut dua pekan


Kondisi yang sama juga dapat terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Toba, Simalungun, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Karo dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara dan dini hari hujan ringan di Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Medan, Batubara dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16-32 derajat Celcius, kelembaban udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 10 – 30 km per jam.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Sumut waspadai potensi hujan lebat di pegunungan

Baca juga: Gempa M 5,1 Nias Selatan akibat aktivitas subduksi lempeng

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022