Waspada hujan sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, pantai timur, lereng timur, lereng barat dan pantai barat Sumatera Utara
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat terjadi di kawasan pegunungan Provinsi Sumatera Utara dua pekan ke depan sejak akhir Oktober 2022.

"Waspada hujan sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, pantai timur, lereng timur, lereng barat dan pantai barat Sumatera Utara," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, Jumat.

Secara umum, kata dia, dalam dua hari ke depan cuaca di Sumatera Utara pada pagi hari hujan ringan di Wilayah Mandailing Natal dan sekitarnya, siang hingga sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagin besar wilayah Sumatera Utara.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Sumatera Utara dengan hujan lebat terjadi sebagian besar wilayah pantai timur, Lereng Barat, pantai barat dan pegunungan Sumatera utara, dini hari berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Pantai Timur Sumatera Utara

Suhu udara rata-rata 16.0-31.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 10 – 30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) terpantau satu titik panas atau hotspot di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Serdang Bedagai, demikian Utami Al Khairiyah ​​​​​​.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Sumut waspadai potensi hujan lebat di pegunungan

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di pegunungan di Sumatera Utara

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di pegunungan Sumut

Baca juga: Waspadai potensi badai guntur di pegunungan Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022