Latpraops dan TFG ini merupakan salah satu upaya akhir dari kepolisian mengajak seluruh elemen dalam penyatuan persepsi pengamanan.
Mataram (ANTARA) - Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Komisaris Besar Polisi Abu Bakar Tertusi memastikan shuttle bus yang menjadi sarana angkutan umum penonton World Superbike (WSBK) 2022 hanya ada di eks Bandara Selaparang dan Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

"Jadi, dari lima pintu masuk Pulau Lombok, dinas perhubungan hanya menyiapkan dua titik yang ada shuttle bus, itu di eks Bandara Selaparang Mataram dan di BIZAM," kata Kombes Pol. Abu Bakar yang ditemui usai mengikuti kegiatan Latihan Praoperasi (Latpraops) dan Tactical Floor Game (TFG) pengamanan WSBK 2022 di Mataram, Rabu.

Terkait dengan jumlah shuttle bus yang tersedia di dua titik tersebut, Abu Bakar mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian dari dinas perhubungan.

"Informasi berapa (shuttle bus) yang disediakan akan menyesuaikan dengan jumlah tiket yang terjual," ujarnya.

Kombes Pol. Abu Bakar lantas menyebut ketiga titik lainnya, yakni di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat; Dermaga Bangsal, Kabupaten Lombok Utara; dan Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur.

"Tiga titik itu hanya ada pengamanan secara terpadu, tidak disediakan shuttle bus," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Latpraops dan TFG pengamanan WSBK 2022 ini merupakan salah satu upaya akhir dari kepolisian mengajak seluruh elemen terkait untuk melihat kemampuan personel di lapangan dalam menyatukan persepsi pengamanan.

Dalam kegiatan yang dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Inspektur Jenderal Polisi Djoko Poerwanto tersebut, seluruh persoalan masuk dalam pembahasan, seperti pengamanan di lima pintu masuk Pulau Lombok, rekayasa lalu lintas, ketersediaan angkutan umum, sampai pada pengamanan saat pelaksanaan WSBK.

Ajang olahraga balap kategori ekstrem bertaraf internasional ini akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, mulai 11 hingga 13 November 2022.

Kondisi persiapan terkini dikabarkan seluruh logistik kebutuhan balap telah tiba di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Logistik WSBK Mandalika 2022 tiba di Lombok
Baca juga: Polda NTB pastikan scan barcode PeduliLindungi tetap berlaku di WSBK

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022