Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara telah melakukan tes urine kepada 37 sopir "shuttle" bus di kejuaraan ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara dan hasilnya dinyatakan negatif atau bebas narkoba.

"Pengecekan urine sopir 'shuttle' bus itu dilakukan oleh pihak Polres Toba untuk memastikan bahwa sopir yang membawa wisatawan maupun pengunjung itu bebas dari narkoba," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Balige, Sumut, Sabtu.

Hadi melanjutkan pengecekan urine pada Jumat tersebut juga bertujuan untuk menghindari kecelakaan agar sopir dan penumpang selamat sampai ke tujuan.

"Titik 'shuttle' bus itu dari Lumban Pea atau Lapangan Don Bosco menuju bundaran mendekati venue F1 Powebuat," ucapnya.

Jadi, Hadi mengatakan "shuttle" bus sebanyak 30 itu yang berasal dari Dinas Perhubungan Pemprov Sumut dan Pemerintah Kabupaten Toba tersebut tetap ada selama kejuaraan ini berlangsung.

"Karena jarak bus untuk menunggu paling lama 10 menit, untuk itu diimbau kepada pengunjung maupun wisatawan gunakan 'shuttle' bus tersebut," ucapnya.

Selain itu, Polda Sumut juga mengamankan jalan raya yang berkaitan dengan arus lalu lintas menuju kawasan venue Bontean Balige, Di antaranya jalan raya yang akan masuk ke Balige, Jalan Gereja, jalan by pass Tambunan dan Longat.

Ketiga jalur akses itu merupakan penghubung dengan sentra parkir dengan fokus pada arus kedatangan penonton dan mengantisipasi potensi kemacetan.

Ditlantas Polda Sumut juga selalu memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat dan para penonton yang ingin menyaksikan ajang F1 Powerboat di Balige agar parkir pada kantong kantong parkir yang telah disediakan.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024