Pemeriksaan urine tidak hanya angkutan darat saja
Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Utara menyatakan tes urine yang dilakukan kepada awak kabin (pilot, co-pilot, pramugari) dengan total 19 orang di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara hasilnya negatif atau bebas dari pengaruh narkoba.

"Pemeriksaan urine tidak hanya angkutan darat saja, tapi juga dilakukan terhadap awak dan kru moda transportasi udara," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Selasa.

Hadi melanjutkan pemeriksaan tes urine terhadap 19 awak angkutan udara terdiri dari pilot, co-pilot, pramugari dan awak pesawat dilakukan pada Senin (8/4).

Ke-19  awak diantaranya, maskapai penerbangan Air Asia enam orang yaitu satu pilot, satu co-pilot, empat pramugari; lalu maskapai penerbangan Garuda tujuh orang , satu pilot, satu co-pilot , lima pramugari; dan maskapai penerbangan Citylink enam orang yakni, satu pilot, dua co-pilot dan empat pramugari yang dinyatakan negatif pengguna narkoba.

Kabid Humas mengatakan, tes urine ini dilakukan secara berkala kepada awak angkatan udara, laut maupun darat dalam rangka "Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2024".

Hadi berharap seluruh awak dan kru harus dalam kondisi bugar tidak terpengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang karena risiko sangat berbahaya bagi keselamatan.

Sebelumnya, Polda Sumut juga melakukan tes urine di antaranya kepada 50 awak angkutan transportasi. Hasil pemeriksaan tes urine sopir dan kernet bus di Terminal AKAP/AKDP Amplas dinyatakan negatif.

Selain itu, personel menemukan satu sopir jurusan Medan-Jambi positif pengguna narkotika jenis sabu-sabu.

Polda Sumut menyiapkan sekitar 89 pos pengamanan 68 pos pelayanan, 102 pos terpadu, dilakukan penjagaan di 22 obyek terminal, 18 stasiun kereta api, 16 pelabuhan, 6 bandara 6, 190 pusat belanja, 2.670 masjid, dan 242 tempat wisata.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024