Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggratiskan mudik untuk para mahasiswa yang berada di Jakarta menuju ke Medan dalam menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Polda Sumut menyediakan 183 kursi dengan total empat bus secara gratis bagi mahasiswa di Jakarta agar dapat mudik ke Medan untuk berkumpul bersama sanak saudara pada Lebaran 2024," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Senin.

Hadi melanjutkan sampai saat ini yang terdaftar sebanyak 154 mahasiswa, sisa kursi sekitar 29 lagi.

Baca juga: Polda sebut 858 kendaraan ditolak masuk Aceh selama larangan mudik

Lebih lanjut, dia mengatakan mahasiswa yang hendak mengikuti mudik gratis ke Medan bisa mendaftar yang sudah tertera informasi dari akun sosial media Polda Sumut dan lain-lain.

"Mudik gratis yang digelar ini sebagai bentuk perhatian Polda Sumut kepada adik-adik mahasiswa yang mencari ilmu di Jakarta dan sekitarnya," kata Hadi.

Hadi menyatakan mudik gratis bagi mahasiswa yang difasilitasi Polda Sumut itu dilaksanakan pada 2 April 2024, dengan titik kumpul di halaman Masjid AT Tin Taman Mini Indonesia Indah.

"Mahasiswa akan di drop di masing-masing titik, baik lintas barat, lintas tengah dan lintas timur Sumatera," kata Kabid Humas.

Sebelumnya, Polda Sumut mengerahkan sebanyak 12.092 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Toba 2024 dari tanggal 4 hingga 16 April untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Personel gabungan itu terdiri atas TNI, Polri bersama pemerintah daerah untuk pengamanan Lebaran," ujar Kepala Polda Sumut Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi saat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Lebaran 2024.

Baca juga: Polda Sumut putar balik 8.333 kendaraan pemudik

Baca juga: Polda Sumut perketat pengamanan awasi mudik Lebaran


Agung mengatakan pihaknya juga menyiapkan 89 pos pengamanan, 68 pos pelayanan, 102 pos terpadu, 22 objek terminal, 18 stasiun kereta api, 16 pelabuhan, 6 bandara, 190 pusat belanja, 2.670 masjid, dan 242 tempat wisata.

Kapolda memprediksi puncak arus mudik lebaran berlangsung mulai 6 hingga 8 April dan arus balik pada 13 dan 14 April 2024.

Oleh karena itu, Agung menyarankan para pemudik melakukan perjalanan lebih awal, karena diprediksi terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang mudik pada Lebaran tahun ini.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024