Kendari (ANTARA) - Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan tes urine terhadap para sopir angkutan mudik di Terminal Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Biddokkes Polda Sultra Kombes Pol drg. Ignatius Hendra Arifianto saat ditemui di Kendari, Senin, mengatakan pelaksanaan tes urine tersebut dilakukan bersama-sama dengan Subsatgas Patroli Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) dan Subsatgas Dit Resnarkoba Polda Sultra dalam rangka Operasi Ketupat Anoa 2024.

Baca juga: Biddokkes Polda Sultra cek kesehatan personel pengamanan arus mudik

"Tes urine ini dilakukan untuk memastikan sopir angkutan umum bebas dari penyalahgunaan narkotika. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengunjung terminal," kata Hendra.

Dia menyebutkan bahwa tes urine tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya Polda Sultra untuk menciptakan keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Petugas gabungan dari Dit Lantas, Dokkes, dan Narkoba Polda Sultra mendatangi terminal dan secara acak memilih sopir angkutan umum untuk menjalani tes urine," ujarnya.

Selain sopir angkutan umum, lanjut Hendra, tes urine tersebut juga dilakukan terhadap para penumpang secara acak yang hendak melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan angkutan umum di Terminal Baruga.

Hendra menyampaikan bahwa selain tes urine, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir angkutan umum tersebut untuk memastikan kondisi mereka betul-betul fit dan prima dalam mengemudikan kendaraan.

"Hal itu agar memastikan bahwa para sopir angkutan itu bisa mengemudikan kendaraan dengan selamat dan tanpa ada kendala yang terjadi selama di perjalanan," kata Hendra.

Baca juga: Polresta Kendari siapkan lokasi penitipan kendaraan pemudik

Baca juga: Polda Sultra cek kesehatan personel usai laksanakan pengamanan TPS


Dia menambahkan bahwa pihaknya berharap dengan pelaksanaan tes urine dan pemeriksaan kesehatan itu bisa meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama arus mudik.

"Semoga para sopir dan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran ini bisa sampai dan kembali lagi ke Kota Kendari dengan selamat," tambah Hendra.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024