"Kegiatan tersebut merupakan bagian dari operasi Ketupat Anoa 2024 dalam rangka menjaga keamanan selama libur panjang Idul Fitri 1445 Hijriah,"
Kendari (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas (Satgas) Banops Direktorat Kepoisian Perairan dan Udara (Dit Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan patroli secara intensif di wilayah wisata perairan di Provinsi Sultra, untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi para wisatawan.

Kasubsatgas Polair Dit Polairud Polda Sultra Ipda La Siwi saat ditemui di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan wisata Pulau Bokori dan Pantai Toronipa, Kabupaten Konawe, Sultra.

"Kegiatan tersebut merupakan bagian dari operasi Ketupat Anoa 2024 dalam rangka menjaga keamanan selama libur panjang Idul Fitri 1445 Hijriah," kata La Siwi.

Dia menyebutkan bahwa dalam operasi tersebut, pihaknya menyiapkan sebanyak dua unit kapal Polair yang digunakan sebagai sarana patroli untuk mencakup area yang cukup luas di kawasan wisata Pulau Bokori dan Pantai Toronipa.

"Patroli tersebut bertujuan utama untuk memastikan keamanan pengunjung, terutama di wilayah pantai dan pulau yang menjadi tujuan wisata," ucap La Siwi.

Ia menjelaskan bahwa selain untuk mencegah gangguan keamanan bagi para pengunjung wisata, patroli tersebut juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan menanggulangi potensi bahaya yang sewaktu-waktu bisa saja mengancam para wisatawan.

"Seperti arus laut yang kuat, ombak, serta cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara," ujarnya.

La Siwi mengungkapkan bahwa dengan adanya kehadiran petugas kepolisian di kawasan wisata tersebut, diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama libur panjang tersebut.

"Selain itu, pengunjung juga diimbau untuk mematuhi peraturan dan petunjuk keselamatan yang ada, guna menjaga keselamatan diri dan orang lain saat menikmati liburan di tempat wisata pantai dan pulau," ungkapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan kunjungan wisata untuk terus memperhatikan keamanan bagi diri sendiri dan keluarga maupun kerabat masing-masing.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024