Kendari (ANTARA) - Ribuan personel TNI-Polri di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP untuk mengawal dan melakukan pengamanan dalam rangka kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin di Kota Kendari.

Komandan Korem 143/Haluoleo (HO) Brigjen TNI Ayub Akbar yang diwakili oleh Kepala Staf Korem 143/HO Inf Singgih Pambudi Arinto saat ditemui di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini adalah untuk melihat secara langsung kesiapan pasukan TNI dan Polri beserta stakeholder lainnya yang akan bertugas untuk mengamankan kunjungan kerja Wapres RI pada, Rabu(20/3).

"Pengecekan kesiapan pasukan seperti ini sangat penting dilakukan karena kunjungan Wapres RI ke daerah kita adalah tanggung jawab kita bersama, sehingga kita harus berbuat secara optimal," kata Kolonel Singgih.

Untuk itu meminta seluruh prajurit dan personel TNI, serta satuan tugas pendukung pengamanan VVIP lainnya harus benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan tertib , aman, dan lancar, maka diperlukan kerja sama dan komunikasi yang terintegrasi dengan semua pihak terkait. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi setiap hambatan dan kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan tugas di lapangan," jelas Kolonel Singgih.

Ia juga meminta kepada seluruh personel gabungan TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan itu untuk segera memetakan daerah-daerah yang perlu mendapat pengamanan maksimal dan gelar komunikasi agar rantai komando dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga, pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan sukses, tertib, aman, dan terkendali.

"Laksanakan tugas kita dengan penuh tanggung jawab, ciptakan sinergitas yang solid serta lakukan langkah-langkah preventif dan antisipasi terhadap setiap perkembangan situasi sekecil apapun," ucap Kolonel Singgih.
Baca juga: Polresta Kendari kerahkan 158 personel pengamanan Kunker Wapres RI

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024