Kabupaten Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyediakan layanan bus pengumpan (shuttle bus) gratis sebanyak 30 unit selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat pada 11-21 November 2023.

“Jadi pemerintah daerah dalam hal ini sudah memfasilitasi penonton menggunakan bus shuttle yang nanti akan mengantar dan menjemput penumpang ke Stadion Si Jalak Harupat,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, Hilman Kadar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Menurutnya, shuttle bus tersebut akan disebar di tiga titik pemberhentian di antaranya Gedong Budaya Soreang (GBS), Stasiun Kereta Cepat Tegalluar serta Padalarang.

“Bahwa sesuai dengan ketentuan dari FIFA tidak boleh ada parkir yang masuk ke lokasi Stadion Si Jalak Harupat. Jadi siapapun itu masyarakat Kabupaten Bandung atau luar Kabupaten Bandung yang akan menonton sudah kita siapkan shuttle bus,” kata dia.

Baca juga: PSSI ajak warga Jabar ramaikan Piala Dunia U-17

Dia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menggunakan shuttle bus untuk menyaksikan Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat sudah tersedia mulai pukul 12.00 siang.

“Kita akan sudah mulai bergerak dari mulai pukul 12.00 siang karena mulai pukul 16.00, jadi kalau ada penonton yang sudah datang dan memenuhi satu bis kita angkut,” katanya.

Dia menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir untuk tertinggal layanan shuttle bus tersebut. Sebab, operasional bus selama Piala Dunia U-17 ini akan mengangkut penumpang dalam jangka waktu tujuh menit sekali dari titik pemberhentian Gedong Budaya Soreang menuju area Stadion Si Jalak Harupat.

Baca juga: Erick : Persiapan Piala Dunia U-17 di Stadion SJH rampung 100 persen

“Kapasitas bus sekitar 70 penumpang dan dua jam sebelum pertandingan jalan menuju Si Jalak Harupat ditutup untuk mempermudah sirkulasi naik turun penumpangnya,” kata dia.

Selain itu, dia menyatakan pihaknya telah mempersiapkan lahan parkir bagi kendaraan roda dua maupun roda empat khusus bagi para penonton yang ingin menggunakan fasilitas shuttle bus tersebut.

“Bahwa siapapun itu penonton nanti sudah kita siapkan ruang-ruang parkirnya termasuk di Lapangan Upakarti, Gedung PLUT KUKM dan di GBS itu sendiri,” kata Hilman.

Baca juga: Pemkab Bandung : 1.000 tiket Piala Dunia U-17 diborong warga Jepang
Baca juga: Erick: Kereta cepat Jakarta-Bandung disiapkan pada Piala Dunia U-17


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023