Jakarta (ANTARA) - Yayasan Rumah Zakat menyalurkan donasi kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) di Palestina.

Penyerahan diserahkan perwakilan Rumah Zakat Irvan Nugraha kepada Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan sebesar Rp39.783.750 di Gedung MUI Jakarta.

"Donasi tersebut diperoleh dari sumbangan masyarakat yang dikumpulkan sejak Bulan Solidaritas Palestina November 2021," kata Kepala Divisi Pemasaran Yayasan Rumah Zakat Irvan Nugraha dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Dubes Palestina sampaikan terima kasih Indonesia bantu pembangunan RS

Irvan berharap dengan diberikannya donasi tersebut Rumah Sakit Indonesia Hebron dapat segera dibangun, sehingga akan membantu masyarakat Palestina di Tepi Barat.

Sementara itu, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan berterima kasih kepada Yayasan Rumah Zakat Indonesia karena telah mendukung kiprah MUI dalam menggalang solidaritas kemanusiaan.

"Hal itu juga mengingatkan kita semua untuk terus memperkuat ikatan persaudaraan dengan Bangsa Palestina," katanya.

Baca juga: Wapres: pemerintah bantu pembangunan RS Indonesia Hebron di Palestina

Pembangunan RSIH di Hebron, Palestina, yang digagas oleh MUI ini masih jauh dari target dana yang direncanakan untuk membangun rumah sakit tersebut.

"Donasi yang telah dikumpulkan oleh Panitia MUI sejak November 2021 telah mencapai Rp25 miliar. Jumlah tersebut memang masih jauh dari target yang direncanakan sebesar Rp87 miliar," kata Ketua Bidang Penggalangan Dana Pembangunan RSIH Amirah Nahrawi.

Oleh karena itu, kata dia, mengawali bulan solidaritas Palestina ini, MUI mengetuk hati seluruh masyarakat khususnya umat Islam di Indonesia untuk berdonasi agar terwujudnya RSIH di Hebron, Palestina.

Baca juga: Pembangunan RS Indonesia tetap jalan meski situasi Gaza memanas

"Masyarakat dapat menyalurkan bantuannya melalui panitia MUI atau lembaga-lembaga donasi lainnya mitra MUI seperti DMI, Rumah Zakat, LAZISNU, Lazismu, Baznas, kitabisa.com, dan Dompet Duafa," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022