Mexico City (ANTARA) - Kota kelahiran gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman sedang mempertimbangkan untuk mendirikan museum perdagangan narkoba, kata wali kota setempat dalam sebuah video yang dibagikan Kamis.

Diharapkan, museum itu dapat menarik wisatawan ke daerah tersebut.

Museum di kota Badiraguato itu, di negara bagian Sinaloa, akan menceritakan kisah berbagai bandar narkoba yang lahir di jantung Kartel Sinaloa yang kuat, menurut surat kabar Meksiko Reforma.

Wali Kota Badiraguato Jose Lopez dilaporkan mengalokasikan hampir 1 juta dolar ( Rp15 miliar) untuk proyek tersebut, menurut Reforma.

"Kami tidak dapat menyangkal sejarah kami," kata Lopez kepada TV nasional, seraya menambahkan bahwa prioritas pemerintah daerah adalah untuk mendorong pembangunan ekonomi di kawasan itu dan bahwa perdagangan narkoba adalah bagian yang tidak dapat dinafikan dari cerita negara bagian itu.

Seorang pejabat kota mengatakan kepada Reuters bahwa museum itu sedang dibangun, meskipun materi koleksi museum belum selesai dibahas.

Berita tentang ide tersebut dengan cepat memicu reaksi di media sosial.

Gubernur Sinaloa Ruben Rocha Moya, yang lahir di Badiraguato, mengatakan di Twitter dia "dengan tegas menolak" gagasan museum itu di kota kelahirannya.

Lopez mengatakan kepada jurnalis bahwa para pemimpin kota akan bertemu dengan spesialis museum pada Senin untuk membahas proyek tersebut, seraya menekankan bahwa tema yang menjadi koleksi musrum tersebut belum tuntas dibahas.

Tomas Guevara, seorang ahli perdagangan narkoba di Sinaloa, mengatakan kepada Reuters bahwa tujuan wali kota bukanlah untuk membela tetapi "untuk menunjukkan kepada penduduk mengenai dampak merusak" dari perdagangan narkoba.

Guzman, 65, dihukum di New York pada 2019 karena menyelundupkan miliaran dolar narkoba ke Amerika Serikat dan berkonspirasi untuk membunuh musuh-musuh, yang dilakukan karena perannya sebagai pemimpin Kartel Sinaloa.

Dia telah menjalani hukuman seumur hidup di Colorado's Supermax, penjara federal paling aman di AS.

Sumber: Reuters
Baca juga: Hakim AS diminta penjarakan istri raja narkoba El Chapo 4 tahun
Baca juga: Istri gembong narkoba 'El Chapo' hadir di pengadilan Washington
Baca juga: Gembong narkotika Mexico "El Chapo" dijebloskan ke penjara "Supermax

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022