menjadi contoh bagi DKM masjid lain
Jakarta (ANTARA) - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ash Shomad, milik Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI), membersihkan 12 unit bangunan masjid dan enam sekolah di kawasan Pontang-Tirtayasa, Serang, Banten.

"Dalam program ini kami bekerja sama dengan YPP, SCTV, dan Indosiar," kata Ketua DKM Masjid Ash Shomad, Marzuki, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Marzuki mengatakan program bersih-bersih masjid dan sekolah ini merupakan inisiatif pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Masjid Ash Shomad Budi Karya Sumadi yang juga Menteri Perhubungan RI.

"Melalui kegiatan ini, Pak Budi Karya berharap agar model ini tersiar luas dan menjadi contoh bagi DKM masjid lain," kata dia.

Marzuki mengatakan program bersih-bersih masjid bertujuan agar tempat ibadah umat Muslim di Indonesia kondisinya bersih, tidak kumuh, sehingga menjadi nyaman bagi jamaah dan tidak menjadi tempat penularan berbagai penyakit, termasuk COVID-19.

Baca juga: Ash Shomad bersihkan 30 masjid sepanjang RamadhanBaca juga: Gandeng Serikat Kerja, Panasonic gelar Gerakan Bersih-Bersih Masjid

Pembersihan masjid dan sekolah dilakukan secara menyeluruh, baik di sisi eksterior maupun interior, baik itu halaman, teras, dinding-dinding, lantai, karpet, tempat wudu, sampai toilet dan ruang marbut. Program tersebut melibatkan marbut masjid setempat dan para pemuda sekitar.

Sebelumnya, DKM Masjid Ash Shomad sudah melaksanakan program bersih-bersih masjid di seputar Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten. Sebanyak 30 masjid di daerah tersebut dibersihkan selama bulan suci Ramadhan yang lalu.

Masjid Ash Shomad terletak di dalam Kawasan CitralandRaya, Kelurahan Ciakar, Panongan, Tangerang, Banten. Selain program bersih-bersih masjid, selama Ramadhan kemarin, Ash Shomad juga telah membagikan 2.000 paket bingkisan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan dan para korban terdampak COVID-19.

Masjid yang baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang dan Budi Karya Sumadi ini telah menggelar pembagian takjil, vaksinasi, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Isra Miraj dan Nuzulul Quran.

Usai Ramadhan lalu, Ash Shomad juga menjalankan sejumlah program lain seperti pemberdayaan ekonomi umat, pelatihan digital, dan kursus menyetir mobil dan pelatihan barista.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Satpol PP Jaktim bersih-bersih masjid

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022