Jakarta (ANTARA) - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ash Shomad, milik Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI), membersihkan 30 unit bangunan masjid di kawasan Tangerang, Banten, sepanjang Ramadhan 2022.

"Dalam program ini kami bekerja sama dengan YPP/SCTV/Indosiar, agar model ini tersiar luas dan menjadi contoh (role model) bagi DKM masjid lain," kata Ketua Pembina YBMI/DKM Masjid Ash Shomad Budi Karya Sumadi melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan DKM Masjid Ash Shomad sedang melaksanakan program bersih-bersih masjid di seputar Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten. Dari 30 masjid yang disasar, hingga hari ini sudah selesai 28 masjid.

Budi optimistis target 30 masjid selama Ramadhan akan tercapai dan terus berlanjut dengan menyasar wilayah lebih luas dan jumlah masjid lebih banyak.

Baca juga: Sejumlah masjid di Tanjung Priok lakukan persiapan sambut Ramadhan

Baca juga: Jelang Ramadhan, Baznas Yogyakarta buka layanan bersih masjid


Ia mengatakan program bersih-bersih masjid bertujuan agar tempat ibadah umat Muslim di Indonesia kondisinya bersih, tidak kumuh, sehingga menjadi nyaman bagi jamaah dan tidak menjadi tempat penularan berbagai penyakit, termasuk COVID-19 yang penularannya bisa lewat cairan (droplet) yang menempel di lantai, karpet, sajadah atau tempat wudu.

Pembersihan masjid dilakukan secara menyeluruh, baik di sisi eksterior maupun interior. Baik itu halamannya, terasnya, dinding-dindingnya, lantai, karpet, tempat wudu, sampai toilet dan ruang marbot.

Program tersebut melibatkan marbot masjid setempat dan para pemuda sekitar.
Masjid Ash Shomad terletak di dalam Kawasan Citraland Raya, Kelurahan Ciakar, Panongan, Tangerang, Banten.

Selain program bersih-bersih masjid, selama Ramadhan Ash Shomad juga telah membagikan 2.000 paket bingkisan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan dan para korban terdampak COVID-19.

Masjid yang baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang dan Ketua Pembina YBMI ini telah menggelar Shalat Jumat, Shalat Tarawih, pembagian takjil, vaksinasi, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Isra Mikraj dan Nuzulul Quran.

Usai Ramadhan, Ash Shomad juga akan menjalankan banyak program lain seperti pemberdayaan ekonomi umat, pelatihan digital, kursus bahasa, dan lainnya.*

Baca juga: YBM-BRILian gagas program WASH bantu air bersih masjid-mushala

Baca juga: YBM-BRILian gagas program WASH bantu air bersih masjid-mushala

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022