Jakarta (ANTARA) - Victor Osimhen tidak sengaja memberikan hadiah gol pembuka Atalanta, tetapi kemudian menebus kesalahannya dengan menciptakan golnya sendiri untuk Napoli dan membuat assist untuk Eljif Elmas.

Napoli pun berbalik menang 2-1 untuk memenangi pertarungan puncak klasemen setelah kini unggul delapan poin di atas Atalanta yang menempati posisi kedua dalam klasemen Serie A Italia.

Ini merupakan pertemuan antara kedua tim yang lagi berebut puncak klasemen. Sebelum laga ini kedua tim baru satu kali menelan kekalahan.

Tuan rumah menciptakan peluang pertama pada menit ketiga ketika Ademola Lookman menyambut operan Rasmus Hojlund tapi kemudian dimentahkan kiper Napoli Alex Meret.

Kemelut di muka gawang terjadi menyusul sebuah sepak pojok yang membuat Victor Osimhen diyatakan menyentuh bola di kotak penalti Napoli.

VAR memutuskan Osimhen handball dan Lookman sukses mengonversi penalti setelah mengirim bola ke sudut dekat gawang pada menit 19.

Namun empat menit kemudian Osimhen menebus kesalahannya yang membuat Napoli menyamakan kedudukan setelah membuat gol dari umpan silang Piotr Zielinski.

Napoli membalikkan kedudukan 2-1 saat Osimhen melepaskan diri Merih Demiral untuk memberikan assist untuk Eljif Elmas yang mencetak gol dari jarak 10 yard pada menit ke-35.

Sementara itu dalam laga lainnya antara Salernitana dan Cremonese, kiper Luigi Sepe menyelamatkan dua tendangan penalti namun Cremonese terpaksa memetik satu poin saja karena laga lawan Salernitana berakhir imbang 2-2.

Butuh waktu kurang dari tiga menit untuk memecah kebuntuan saat Marco Carnesecchi menyambut umpan silang Antonio Candreva.

Bola hasil rebound tendangan Carnesecchi kemudian disambar Krzysztof Piatek dari jarak enam yard yang membuat Salernitana memimpin 1-0 pada menit ketiga babak pertama.

Cremonese menyamakan kedudukan saat Frank Tsadjout membuat assit untuk David Okereke yang menciptakan gol dari tendangan voli kaki kiri ke sudut jauh atas dari tepi kotak penalti pada menit ke-12.

Lassana Coulibaly sempat menyia-nyiakan peluang bagus, namun pada kesempatan lainnya dia tak mau gagal lagi untuk kemudian memulihkan keunggulan Salernitana pada menit 38.

Federico Fazio melanggar Luca Zanimacchia di kotak penalti dan setelah tinjauan VAR, wasit memberikan penalti kepada Cremonese.

Tendangan penalti Daniel Ciofani ditangkis oleh Sepe. Bola muntah disambut Castagnetti namun gagal menjadi gol.

Ttepai Ciofani pula yang membuat Cremonese menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-89.

Di Stadion Carlo Castelllani, tuan rumah Empoli memetik kemenangan tipis 1-0 atas Sassuolo berkat gol semata wayang Tommaso Baldanzi pada menit ke-64, demikian ESPN dan laman football-italia.


Baca juga: Romelu Lukaku kembali cedera hamstring
Baca juga: Stefano Pioli perpanjang kontrak hingga 2025
Baca juga: AC Milan rontok 1-2 di tangan Torino

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022