Untuk bayi, perubahan cuaca sangat rentan bagi kondisi tubuh
Tangerang (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang dr. Iqbal Zein Assyidiqie mengungkapkan imunitas tubuh anak menjadi lebih rentan di saat musim hujan sehingga mudah mengalami infeksi dengan gejala yang timbul seperti batuk dan pilek.

Ia mengatakan, para orang tua bisa melakukan antisipasi agar anak tidak mudah terserang penyakit, yakni mengajarkan anak selalu menjaga kebersihan tangan.

"Diutamakan dengan menggunakan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer," kata dr. Iqbal Zein Assyidiqie dalam keterangannya di Tangerang Senin.

Kemudian para orang tua mengajarkan etika batuk dan bersin yang baik pada anak seperti menutup hidung dan mulutnya. Jika bersin dan batuk ditutup dengan sapu tangan, tisu atau lengan sikunya.

Baca juga: Kemenko PMK: Antisipasi berbagai penyakit saat musim hujan

Baca juga: Pola makan sehat optimalkan daya tahan tubuh di musim hujan


Lalu memastikan anak-anak memakai masker terutama di saat berada dalam keramaian. Memberikan nutrisi seimbang, cairan yang cukup dan beristirahat cukup agar daya tahan tubuh lebih optimal untuk melawan kuman.

"Jika diperlukan, bisa diberikan suplemen vitamin. Untuk vitamin apa yang terbaik untuk diberikan, bisa konsultasikan kepada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat," katanya.

 Iqbal Zein Assyidiqie menambahkan bagi orang dewasa, perubahan cuaca bagi tubuh bisa cepat beradaptasi karena imunitas tubuh yang sudah terbentuk dengan baik.

"Namun untuk bayi, perubahan cuaca sangat rentan bagi kondisi tubuh sebab cuaca yang dingin dan lembab memicu kuman menjadi lebih berkembang sehingga mudah menyerang tubuh anak," ujarnya.

Baca juga: Dokter minta orang tua sedia obat penurun demam saat musim hujan

Baca juga: Dokter: Waspadai penyakit yang bisa serang anak saat musim hujan

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022