Adik-adik SMK, sebagai insan vokasi, diharapkan terus berkarya dan berinovasi agar mampu bersaing memasuki dunia kerja, mandiri dalam berwirausaha, serta mampu menempuh pendidikan lebih lanjut
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati berharap siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dapat terus berkarya dan berinovasi agar kompetitif saat memasuki dunia kerja, hingga mampu menempuh pendidikan lebih lanjut.

"Adik-adik SMK, sebagai insan vokasi, diharapkan terus berkarya dan berinovasi agar mampu bersaing memasuki dunia kerja, mandiri dalam berwirausaha, serta mampu menempuh pendidikan lebih lanjut," katanya dalam acara "Sapa Peserta Didik SMK: Cintai Negeri, Jadilah Pahlawan Masa Kini" yang digelar daring, dan diikuti di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan agar bisa terus berkarya dan berinovasi,  para siswa SMK tidak hanya harus mampu mengikuti pembelajaran dengan baik di sekolah namun juga belajar dari lingkungan dan alam sekitar, serta belajar melalui beragam pengalaman.

Selain itu, para siswa SMK harus dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila, yaitu pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama.

Keenam ciri tersebut, katanya, adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

"Jadi tetaplah belajar dari siapapun, dari kondisi dan pengalaman apapun, sebagai pembelajar sepanjang hayat," ujarnya.

Selain agar bisa kompetitif di dunia kerja, lanjut dia, kemampuan berinovasi yang dimiliki siswa SMK juga sangat dibutuhkan sebab mereka adalah calon pemimpin bangsa di masa depan.

Menurutnya, bangsa dan negara tentu sangat membutuhkan kontribusi dan peran aktif serta produktif dari generasi-generasi muda agar Indonesia bisa terus maju.

"Ayo buktikan bahwa Indonesia mampu memberikan karya terbaiknya dan dari SMK akan hadir berbagai prestasi baru Indonesia melalui adik-adik dengan ketekunan, kedisiplinan, dan kerja keras semuanya untuk mengembangkan diri," demikian Kiki Yuliati.

Baca juga: Kemendikbudristek dorong SMK PK lakukan inovasi

Baca juga: Mendikbudristek ingin industri jadikan SMK laboratorium inovasi

Baca juga: Kemendikbudristek tetapkan SMK Wikrama percontohan PK "Cyber Security"

Baca juga: Siswa SMKN Sumsel ciptakan motor ambulans

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022