Loncatan ketiga lumayan berpengaruh dan sempat down. Sampai tadi kakak saya turun buat bantu support. Alhamdulillah saya bisa bangkit pada loncatan keempat sama kelima
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Atlet Kabupaten Bekasi Hendra Setiawan sukses merebut medali emas terakhir pada cabang olahraga loncat indah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 yang berlangsung di Gelanggang Renang Universitas Pendidikan Indonesia Kota Bandung.

"Saya sangat-sangat bersyukur atas hasil ini. Beban lumayan berat saya rasakan pada pertandingan kali ini bahkan sampai di loncatan pertama. Alhamdulillah semuanya bisa dilewati dengan hasil terbaik," kata Hendra usai pertandingan, Senin.

Hendra yang turun pada nomor menara 3M putra tampil baik pada dua loncatan pertama dengan nilai rata-rata 6,5. Namun, performa dia menurun pada loncatan ketiga dan hanya mampu meraih rata-rata nilai 4,5. Dia mengaku beban emas turut mempengaruhi penampilannya.

Baca juga: Pasangan loncat indah Kabupaten Bekasi raih medali Porprov Jabar

"Loncatan ketiga lumayan berpengaruh dan sempat down. Sampai tadi kakak saya turun buat bantu support. Alhamdulillah saya bisa bangkit pada loncatan keempat sama kelima," ucapnya.

Atlet berusia 24 tahun ini berhasil mengumpulkan total nilai 241,65 dengan rata-rata 6,07 dan capaian nilai tertinggi 6,60. Nilai tersebut unggul jauh atas para pesaingnya.

Posisi kedua di nomor ini ditempati atlet Kabupaten Garut Septyan Cahya Gumelar yang meraih nilai 214 dan Muhammad Irfadillah asal Kuningan dengan nilai 208,75 pada posisi ketiga.

Nomor ini sebenarnya bukan menjadi unggulan bagi Kabupaten Bekasi. Hanya saja, Hendra bisa memberikan kejutan. Ini pun menjadi emas kedua bagi Hendra pada Porprov tahun ini.

"Ini merupakan hasil dukungan dari keluarga tentu saja yang sangat mendukung sejak awal. Kemudian rekan tim dan semua pihak. Emas ini didedikasikan untuk mereka semua," ucapnya.

Baca juga: Perenang andalan Bekasi targetkan 10-12 medali emas Porprov Jabar

Di hari yang sama medali perak juga diraih atlet Kabupaten Bekasi yakni pasangan Mochammad Sandy Pratama-Gita Lestari yang turun di nomor synchro menara mixed.

Dengan tambahan dua medali ini, loncat indah sukses menyumbangkan total sembilan medali bagi kontingen Kabupaten Bekasi pada Porprov XIV Jawa Barat 2022 dengan rincian dua medali emas, lima perak, dan dua perunggu.

Pasangan Sandy-Gita tampil mengejutkan dengan berhasil meraih medali perak. Capaian ini menjadi sangat positif mengingat keduanya merupakan pasangan baru.

Sandy-Gita total membukukan nilai 151,32 dengan rata-rata nilai 5,27 dan nilai tertinggi 6,14. Sedangkan medali emas diraih pasangan Garut Helyani Dias Sukmahati-Septyan Cahya Gumelar dengan nilai 209,22.

Kemudian pasangan Azryl Ervandha Permana-Shafa Fitriyara Suhendra asal Kabupaten Tasikmalaya dengan nilai 148,98 pada peringkat ketiga. Ini menjadi hari terakhir cabang loncat indah pada Porprov XIV Jawa Barat 2022.

Baca juga: Kabupaten Bekasi targetkan juara umum Porprov Jabar 2022

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022