Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat mendistribusikan ratusan alat musik Islami bagi delapan penerima dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat.

"Kami realisasikan di tahun 2022 ini total 160 set, terdiri dari 60 set hadroh, 50 marawis dan 50 set rebana,” kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin di Jakarta, Senin.

Nurdin mengatakan, pendistribusian alat musik Islami ini merupakan realisasi dari usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021.

"Hari ini hanya delapan perwakilan dari delapan kecamatan yang menerima alat musik Islami. Sementara sisanya akan diberikan secara masal pada tanggal 9-11 November 2022 mendatang di Gedung Mashabi, Kecamatan Tanah Abang," katanya.

Untuk tanggal 9-10 akan dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama pukul 08.30-10.30 WIB dan sesi kedua 13.30-15.30 WIB. Pada tanggal 11 hanya sesi siang.

“Tanggal 9, sesi 1 Kecamatan Senen, sesi dua di Kecamatan Tanah Abang dan Menteng. Tanggal 10 sesi pertama di Kecamatan Johar Baru, sesi 2 Kecamatan Kemayoran dan Kecamatan Gambir," katanya.

Sedangkan untuk tanggal 11, Kecamatan Sawah Besar dan Kecamatan Cempaka Putih.

Baca juga: Sudin Kebudayaan Jakarta Utara gelar Festival Keroncong perdana
Baca juga: Jakarta Melayu Festival digelar di Ancol sambut hari kemerdekaan RI


Di tempat yang sama, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan, alat musik Islami yang diberikan kepada warga berdasarkan aspirasi masyarakat dapat bermanfaat.

Ia juga berharap dengan adanya alat musik Islami dapat memberikan pengetahuan dan melatih bakat warga masyarakat. Fahmi juga menekankan, agar ada proses regenerasi di masyarakat yang meneruskan kesenian alat musik Islam.

"Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat di bidang seni sekaligus menjadi ajang syair dan syiar di bidang agama. Sehingga menghasilkan regenerasi kedepannya,” ujar
Fahmi.

Pendistribusian alat musik islami tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat.
 

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022