Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan pelatihan pemrograman (coding bootcamp) Hacktiv8 menghadirkan kampus baru di BSD City guna membantu mencetak talenta digital Indonesia yang berkualitas.

Baca juga: Agoda gelar kompetisi programming "Codegoda" pada Agustus

"Kami meyakini bahwa kehadiran Hacktiv8 di BSD City dapat mempercepat pengembangan ekosistem digital dengan penyediaan talenta teknologi dan informasi (TI) yang berkualitas," kata CEO Hacktiv8 Ronald Ishak dalam pernyataan persnya, Selasa.

Alasan lain dipilihnya BSD City karena kawasan itu telah memiliki ekosistem digital yang mumpuni, ditandai dengan banyaknya perusahaan teknologi yang berekspansi ke sana.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan penyaluran alumni secara optimal, termasuk dengan menjalin kerjasama untuk hiring placement, sehingga para alumni Hacktiv8 bisa mendapatkan kesempatan kerja yang baik setelah lulus."

Baca juga: Samsung Innovation Campus 2022 beri pelatihan "coding" 1.000 Siswa

Pada tahap awal pembukaan, program yang ditawarkan di kampus Hacktiv8 BSD adalah Bootcamp Full Stack Javascript dengan proses belajar full offline dari hari Senin-Jumat, pukul 9.00-18.00 selama kurang lebih empat bulan. Khusus untuk periode soft launching kampus yang baru, Hacktiv8 juga menyediakan potongan harga istimewa bagi yang mendaftarkan diri sebelum tanggal 30 November 2022.

Tidak hanya itu, Hacktiv8 merupakan coding bootcamp pertama di Indonesia yang mengenalkan sistem Income Share Agreement (ISA) atau Skema Bagi Hasil, dimana siswa bisa belajar dulu dengan membayar deposit, dan mulai melakukan cicilan pelunasan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Selain lokasi kampus yang strategis, kualitas kelas, kurikulum, pengajar, dan fasilitas yang didapat oleh siswa--baik di Kampus Pondok Indah maupun kampus BSD City--akan sama. Fasilitas seperti hiring placement atau jaminan kerja juga akan tersedia bagi lulusan bootcamp di BSD City.

Pada tahun 2020, Hacktiv8 mewakili Indonesia sebagai sekolah pemrograman kedua terbaik di dunia berdasarkan hasil dari para alumninya, dimana 95 persen lulusan Hacktiv8 berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 90 hari.

Perusahaan ini juga merupakan satu-satunya coding bootcamp di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) yaitu lembaga yang mengedepankan transparansi hasil belajar siswa.


Baca juga: 19 warga Tangerang lulus pendidikan coding
Menambal kekurangan

Keputusan Hacktiv8 untuk berekspansi ke BSD City merupakan wujud komitmen perusahaan untuk terus memperluas edukasi digital agar semua orang bisa belajar coding dengan cepat, praktis, dan efektif--walaupun tanpa memiliki background IT sebelumnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate telah menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya. Namun pada kenyataannya, lebih dari 50 persen CEO di Asia Pasifik masih kesulitan menemukan talenta digital dengan keterampilan yang tepat.

Pada tahun 2030, diproyeksikan bahwa hanya 50 persen dari tenaga kerja Indonesia yang memiliki keterampilan digital dasar dan menengah, sementara keterampilan tingkat advanced hanya dimiliki kurang dari 1 persen angkatan kerja negara. Ini berarti Indonesia perlu mengakselerasi pertumbuhan talenta-talenta muda baru yang siap mengisi kekosongan di lapangan.

"Sejak tahun 2016, Hacktiv8 telah melahirkan lebih dari 1.600 lulusan talenta digital yang telah menempati berbagai posisi strategis dan taktis pada perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia," kata Ronald.

Dalam beberapa tahun ke depan, selain Tangerang, Hacktiv8 juga berencana untuk melakukan ekspansi ke kota-kota lain di Indonesia, sehingga bisa memberikan kesempatan bagi generasi muda daerah untuk mengembangkan kemampuan digitalnya.


Baca juga: Samsung Innovation Campus kembali gelar "Training of Trainers"

Baca juga: Hacktive8 siap bantu penuhi kebutuhan talenta digital Indonesia

Baca juga: SIC beri pelatihan "coding" untuk pelajar

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022