anggaran pengadaan dua pompa trailer ini mencapai Rp5,3 miliar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menambah dua unit pompa bergerak (mobile) trailer berkapasitas 500 liter per detik untuk mengantisipasi banjir selama  musim hujan.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, mengatakan dua pompa mobile trailer ini hasil pengadaan baru tahun 2022.

"Dua pompa mobile trailer ini rencananya akan ditempatkan di kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, dan Bidara Cina. Dua duanya berada di bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara," kata Wawan Kurniawan di Jakarta, Rabu.

Wawan mengatakan dengan penambahan dua unit pompa mobile itu saat ini pihaknya memiliki empat pompa mobile trailer.

Wawan mengatakan pihaknya juga telah melakukan uji coba dua pompa mobile trailer baru tersebut di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

Pompa tersebut digunakan untuk memompa air yang ada di waduk. Kemudian air ditembakkan atau dibuang ke arah waduk itu juga. Kondisi pompa mobile ini berfungsi normal.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Sarana Sudin SDA Jakarta Timur, Ikhwan Maulani, menjelaskan anggaran pengadaan dua pompa trailer ini mencapai Rp5,3 miliar.

"Satu unit ditempat di Kampung Pulo untuk menambah pompa yang sudah ada. Karena kapasitas pompa yang ada kecil, 100 liter per detik," ujar Ikhwan.

Dia mengatakan pompa air baru tersebut juga mampu menyedot lumpur yang biasa mengendap saat banjir melanda Jakarta.

"Seperti kita ketahui kalau banjir itu airnya yang kita sedot itu lumpur. Sedangkan adanya pengadaan pompa ini kita akan lebih mumpuni lagi dalam melayani masyarakat terutama dalam mengendalikan banjir," ujar Ikhwan.
Baca juga: Wali Kota pastikan pompa Jalan Patra mampu surutkan genangan Duri Kepa
Baca juga: Wali Kota Jakpus rutin cek pompa air antisipasi genangan
Baca juga: Wali Kota Jaktim instruksikan Sudin SDA cek kesiapan pompa air

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022