Badung (ANTARA) - Pengelola The Nusa Dua di Badung, Bali, memastikan uji coba pembatasan akses masuk di dalam kawasan berlangsung pada 11-12 November 2022 atau dua hari sebelum aturan pembatasan berlaku pada 13-17 November 2022.

"Untuk implementasi (aturan pembatasan) di kawasan ITDC (The Nusa Dua) dari 13 sampai dengan 17 (November). Uji coba dilaksanakan 11 dan 12," kata Manager (GM) The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita saat dihubungi Badung, Bali, Rabu.

Ia menjelaskan aturan pembatasan akses masuk bagi kendaraan dan orang ke The Nusa Dua merupakan upaya mencegah kepadatan lalu lintas dan menjaga keamanan karena kawasan itu menjadi lokasi menginap beberapa tamu negara dan rangkaian acara KTT G20.

Aturan pembatasan itu, Ardita menyampaikan, merupakan hasil pembahasan dari pengelola The Nusa Dua bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Kementerian Sekretariat Negara, dan Polri.

Baca juga: Delapan hotel di The Nusa Dua menjadi lokasi menginap tamu negara

"Jadi, kami membuat aturan itu sudah dibahas bersama. Itu pertimbangannya untuk kelancaran (lalu lintas), untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di kawasan, dan untuk keamanan," kata Ardita.

Selama uji coba dan penerapan pembatasan akses masuk ke The Nusa Dua, siapa pun yang masuk ke dalam kawasan perlu mengenakan/menunjukkan tanda pengenal khusus seperti ID badge KTT G20 atau gelang tanda pengenal yang diberikan dari pihak hotel untuk wisatawan dan karyawan.

"Untuk pengenalnya, itu untuk memastikan wisatawan itu memang di dalam kawasan, maka dibuatkan gelang, diberikan dari hotel," kata Ardita.

Mereka yang mengenakan ID badge KTT G20 atau gelang khusus itu dapat bebas beraktivitas di kawasan The Nusa Dua. Walaupun demikian, pergerakan mereka kemungkinan akan terhambat jika ada aktivitas kepala negara/kepala pemerintahan di kawasan The Nusa Dua.

Sejauh ini, acara inti KTT G20 yang dihadiri para pemimpin negara berlangsung di luar The Nusa Dua, yaitu di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, pada 15-16 November 2022.

Baca juga: The Nusa Dua batasi akses masuk selama 13-17 November

Di samping The Apurva, lokasi lain yang dikunjungi oleh para kepala negara/kepala pemerintahan, yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, dan Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai.

Di luar itu, sebagian besar rangkaian side event dan spouse program untuk KTT G20 berlangsung di The Nusa Dua.

Oleh karena itu, The Nusa Dua menetapkan aturan khusus selama 13-17 November 2022, yaitu:

1. Pengaturan dukungan operasional kegiatan kenegaraan KTT G20 berlangsung mulai 13-17 November 2022;
2. Dilaksanakan pembatasan kendaraan masuk menuju kawasan The Nusa Dua;
3. Akses masuk ke kawasan The Nusa Dua melalui North Gate dan South Gate. Main Gate hanya digunakan untuk akses delegasi;
4. Kendaraan yang diizinkan masuk adalah roda empat atau lebih dengan stiker resmi dari Sekretariat Bersama G20;
5. Bagi karyawan dan yang berkegiatan di dalam kawasan The Nusa Dua wajib menggunakan ID resmi G20;
6. Sepeda motor dilarang masuk ke dalam kawasan The Nusa Dua;
7. Wisatawan yang menginap di kawasan The Nusa Dua diwajibkan untuk mengenakan gelang penanda yang disiapkan hotel/fasilitas.

Baca juga: The Nusa Dua Bali siap sambut penyelenggaraan KTT G20

Baca juga: KTT G20 Bali disebut beri manfaat dari segi ekonomi dan infrastruktur

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022