Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Metro Gambir bekerjasama dengan warga meningkatkan sinergi untuk menekan tawuran antarpelajar dan tindak kejahatan di Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

"Untuk mencegah terjadinya kejahatan dan tawuran yang saat ini meresahkan keamanan kita semua, dengan ini diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama antarwarga, Polri hingga TNI," ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Metro Gambir, Komisaris Polisi (Kompol) Binsar Hatorangan Sianturi di Jakarta, Kamis.

Polsek Metro Gambir melakukan dua kali patroli Operasi Kejahatan Jalanan (OKJ) di malam hari.
"Jika terdapat informasi mengenai aktivitas yang dianggap mengganggu keamanan dan ketertiban, agar warga segera memberitahu kami untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan tersebut," ungkapnya.

Binsar berharap, langkah tersebut merupakan bentuk pencegahan dan memberikan rasa aman terhadap warga Gambir.

Baca juga: Pemkot Jakarta Pusat larang pelajar berkerumun untuk cegah tawuran
Baca juga: Polres Jakarta Pusat amankan lima orang terlibat tawuran di Kwitang

Pada kesempatan yang sama, Ketua RW 04 Kebon Kelapa, Yopi mengatakan, di wilayahnya masih terjadi tawuran antarwarga khususnya remaja yang menggunakan senjata tajam (sajam).

"Saat ini, upaya pencegahan adanya tawuran, warga melakukan ronda secara bergantian," kata Yopi.

Selain ronda, pihaknya sudah memasang beberapa kamera pengawas (Closed Circuit Television/CCTV) untuk memberikan bukti jika terjadi tindak kejahatan.

"Kita juga sudah pasang beberapa CCTV di beberapa titik. Saat ini memang masalah tawuran sudah mulai berkurang," katanya.

Nana, salah satu warga setempat juga meminta pihak Kepolisian untuk meningkatkan patroli di pemukiman warga.

"Kita di sini warga hanya minta polisi tingkatkan patroli, ini wilayah kami cukup rawan terhadap tindak kejahatan dan tawuran antarpelajar," katanya.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022