Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat memberikan bantuan sosial berupa uang tunai untuk para veteran dan perintis kemerdekaan Republik Indonesia dalam memperingati Hari Pahlawan ke-77.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan, usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Kamis, menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada beberapa veteran dan perintis kemerdekaan.

"Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa, agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan," kata Iwan.

Selain memberikan bantuan sosial kepada veteran dan perintis kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan hibah tanah seluas 3.437 meter persegi kepada Kodim 0621 untuk kantor koramil.

Upacara peringatan Hari Pahlawan diikuti oleh para aparatur sipil negara (ASN) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Ia mengajak masyarakat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan, karena telah berkorban sampai tetes darah penghabisan.

Iwan mengatakan, saat ini bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar untuk menaklukkan ancaman dan tantangan, seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

"Kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan," kata Iwan.
Baca juga: Mendes: Staf Kemendes berjuang demi desa adalah pahlawan masa kini
Baca juga: Petugas stasiun KA Jakarta layani penumpang dengan kostum perjuangan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022