satwa layak diperagakan dan dinyatakan sehat
Jambi (ANTARA) - Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi secara rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap satwa koleksinya  guna memberikan kelayakan hidup seluruh satwa khususnya hewan langka dan dilindungi seperti harimau sumatera dan gajah.

Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi, Erliyani, Senin mengatakan pihaknya secara rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap seluruh satwa koleksi di kebun binatang kebanggaan warga Jambi itu dengan menjadwalkan pemeriksaan seluruh satwa yang ada bukan hanya untuk harimau dan gajah saja.

“Kita telah memiliki jadwal tetap terhadap pemeriksaan dan perawatan rutin seluruh satwa termasuk harimau Sumatera atau panthera tigris sumaterae dan gajah sumatera atau elephas maximus sumatrensis yang menjadi satwa dilindungi dan langka tersebut,” katanya.

Seperti yang sudah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu pemeriksaan dan perawatan terhadap Uni harimau betina yang menjadi penghuni kebun binatang Taman Rimba Jambi itu, terbukti bahwa berat badannya naik sebelumnya 90 kilogram kini sudah laik 90,5 kilogram.

Baca juga: Kebun Binatang Taman Rimba Jambi datangkan gajah betina

Baca juga: Masuk bulan lahir, Taman Rimba Jambi tunggu kelahiran anak tapir


Saat ini kondisi harimau sumatera yang ada di kebun binatang Taman Rimba ini dalam kondisi cukup baik atau 'body condition scor 3' atau kondisi ini menunjukkan kondisi tubuh yang normal.

Penilaian kondisi tubuh satwa khusus kondisi uni harimau dengan umur kurang lebih 21 tahun dengan berat badan 95,5 kilogram itu melebihi bobot harimau Sumatera betina yang normal yaitu 91 kilogram.

Erliyani juga menjelaskan untuk gajah Sumatera yang ada di kebun binatang ini berumur 38 tahun dengan berat badan saat ini 3.700 kg atau 3,7 ton juga dalam kategori normal.

Pemeriksaan kesehatan hewan juga dilakukan kebun binatang dengan bekerjasama dari ahli praktisi satwa liar dan pemeriksaan berkala juga dilakukan oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jambi.

Erliyani juga mengatakan selain memberikan makanan dan vitamin yang cukup terhadap seluruh satwa di kebun binatang itu, pihaknya juga merawat dengan maksimal seperti menjaga kebersihan kandang yang ada dan setiap harinya mengontrol rutin satwa nya oleh masing-masing pawang hewan.

Kemudian pihak kebun binatang juga tidak pilih kasih dalam melakukan perawatan jika ada satwa yang kurang sebat atau sakit hasil laporan dari para pawang hewan nya, maka pihak kebun binatang akan langsung menurunkan tim medis untuk segera memeriksa satwa itu, katanya.

UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi memiliki tim medis khusus terdiri dari dokter hewan untuk merawat dan memeriksa satwa yang ada.

"Hasil pemeriksaan terakhir oleh tim bahwa direkomendasikan satwa layak diperagakan dan dinyatakan sehat," kata Erliyani.


Baca juga: Koleksi tapir Taman Rimba Jambi bertambah

Baca juga: Dua satwa mati, Taman Rimba dievaluasi

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022