Pekalongan (ANTARA) - Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap mengingatkan para nelayan mewaspadai kondisi cuaca yang tidak menentu di perairan laut.

Sub Koordinator Kesyahbandaran PPNP Jajang Hartono di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan bahwa para nelayan perlu memantau prakiraan cuaca sebelum melakukan operasional penangkapan ikan di laut.

"Meski hari ini kondisi cuaca kondusif dan dapat dikatakan aman untuk melaut atau menangkap ikan namun kami ingatkan mereka tetap waspada," katanya.

Jajang Hartono mengatakan aktivitas nelayan kini masih lancar dan aman karena kondisi cuaca pada hari ini cukup cerah.

Kendati demikian, kata dia, para nelayan tetap waspada dan berhati-hati karena meski kondisi cerah namun bisa mendadak terjadi hujan karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Oleh karena itu, kami mengimbau para nelayan, nakhoda, dan awak kapal waspada dan terus berhati-hati. Jadi para nelayan perlu melakukan antisipasi sebelum beroperasional menangkap ikan," katanya.

Ia menyebutkan prakiraan cuaca hari ini, gelombang, kecepatan angin, dan arus sedang, kemudian arah angin normal sehingga kapal nelayan diperbolehkan bisa berangkat melalut.

Kemudian, kata dia, sebelum berangkat melaut, para nelayan juga harus sudah memastikan kelengkapan dokumen, perlengkapan keselamatan, dan peralatan tangkap ikan.

"Syarat melaut yakni kapal harus memiliki sertifikat kelaikan, alat tangkap ikan yang ramah lingkungan sesuai dengan keputusan KKP," katanya.

Ia menambahkan para nelayan tidak berlebihan memuat hasil tangkapan ikan yang sesuai kapasitasnya agar tidak membahayakan keselamatan di laut.

Baca juga: Peneliti sebut terjadi perluasan wilayah rob di pesisir Pekalongan
Baca juga: Ganjar: Perlu tindakan ekstra tangani banjir Pekalongan
Baca juga: Pemkot Pekalongan-Paguyuban Batik komitmen jaga eksistensi batik

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022