memberikan fasilitas untuk tampil di ruang publik
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Selatan memfasilitasi musisi disabilitas di daerah itu untuk tampil menghibur wisatawan Cirebon di Agro Edu Wisata (AEW) Ragunan.

"Kami memberikan fasilitas untuk tampil di ruang publik dan mal kepada musisi disabilitas tuna netra yang tergabung dalam Pengamen Naik Kelas," kata Kepala Suku Dinas Parekraf Kota Administrasi Jakarta Selatan Rus Suharto di Jakarta, Kamis.

Salah satunya, Rus menggandeng musisi disabilitas tuna netra binaan Institut Musik Jalanan yang bernama Koste Band untuk memeriahkan kegiatan memperkenalkan destinasi wisata urban Jakarta Selatan yang bertajuk "Famtrip atau Familiarization Trip".

Koste Band berkesempatan membawakan beberapa lagu andalan mereka saat 50 peserta dari Kabupaten Cirebon makan siang di Agro Edu Wisata Ragunan pada Rabu (16/11).

Baca juga: Kemendagri apresiasi Perda DKI soal hak penyandang disabilitas

Menurut Rus, Koste Band merupakan grup musik tuna netra yang dulunya merupakan musisi jalanan dan akhirnya terbentuk pada 2018.
​​​​​
Koste Band kemudian mengikuti audisi pengamen jalanan periode 2016-2019 yang semakin mengasah kemampuan mereka dalam dunia musik.

Kemudian mereka mengikuti kurasi Pengamen Naik Kelas yang diadakan oleh Suku Dinas Parekraf Jakarta Selatan pada Agustus 2022.

"Kami harapkan para disabilitas yang kreatif dan berkualitas bisa terdorong menjadi pelaku ekonomi kreatif sekaligus menjadi motivasi bagi penyandang disabilitas lainnya," harapnya.

Baca juga: Pj Gubernur DKI Jakarta resmikan "Rumah Digital Untuk Disabilitas"

Rus menegaskan "Pengamen Naik Kelas" ini tidak dilombakan, tapi pendaftar dikurasi untuk ditempatkan pentas sebagai musisi jalanan.

"Total pengamen yang lolos kurasi 10 grup sejumlah 44 orang," katanya.

Para pengamen ini mendapat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan rekening bank untuk memudahkan pemasukan mereka melalui teknologi daring.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Selatan memfasilitasi disabilitas berkarya di dunia musik, desain dan kriya di sejumlah kegiatan, mulai dari festival hingga pembinaan rutin.

Baca juga: Pemkot Jaksel pastikan penyandang disabilitas mendapat pelatihan kerja

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022