Longsor terjadi di Dusun Kunyika, Dusun Borong Sapiria, Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe, Gowa meliputi 13 titik, termasuk 4 titik di Jalan Poros Makassar-Malino.
Gowa (ANTARA) - Polisi melakukan pembersihan material longsor di Jalan Poros Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan meminta warga untuk mencari jalan alternatif lain karena akses menuju Malino dan Kabupaten Sinjai dari arah tersebut masih tertutup.

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto di Gowa, Kamis mengatakan pembersihan material longsor masih dilakukan karena akses menuju ke Malino masih tertutup.

"Aksesnya tertutup karena banyak material longsor menutupi badan jalan," ujarnya.

Kombes Pol Heru Novianto mengatakan anggotanya bersama warga dan lainnya dengan menggunakan alat berat masih berupaya dalam membuka akses jalan.

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membantu proses pembersihan material baik yang dikerahkan oleh pengusaha maupun pemerintah daerah.

Saat longsor terjadi karena hujan deras yang terjadi pada Rabu (16/11), mengakibatkan empat titik di jalan poros Makassar ke Malino, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) terputus.

Longsor terjadi di Dusun Kunyika dan Dusun Borong Sapiria, Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe, Gowa pada Rabu (16/11). Longsor di dua dusun itu terjadi di 13 titik, termasuk 4 titik di Jalan Poros Makassar-Malino.

"Jadi yang turun evakuasi ini cukup lengkap dari semua regu SAR. Kami pun dari Brimob dan Sabhara Polda juga turun dibantu warga," katanya.

Dalam musibah itu korban jiwa terdampak longsor tercatat sebanyak lima orang. Tiga korban sebelumnya ditemukan pada Rabu (16/11) sebanyak tiga orang, satu korban atas nama Sunaria (38) di Dusun Kunyika dan dua korban di Dusun Sapiria, yakni Nuraeni (47) dan Nurhaya (24).

Dan untuk korban yang masih dilakukan pencarian kini menjadi dua orang masing-masing bernama Nursamsia (25), dan Muhammad Royan (6). Sebelumnya, tiga jenazah korban yang ditemukan lebih dulu telah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.
Baca juga: Longsor terjang wilayah di Gowa akibatkan dua warga meninggal dunia
Baca juga: Warga diimbau tunda perjalanan ke Malino Gowa karena jalan longsor
Baca juga: Hujan deras picu longsor jalan perbatasan Malino-Sinjai Sulsel

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022