melalui Pelabuhan Ambon Baru kita bisa ekspor langsung dari Ambon. Ini layak kita acungi jempol
Jakarta (ANTARA) - Wakil Rektor II Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Provinsi Maluku, Dr Iyances Cipta Budi berpendapat pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia Timur berhasil.

Iyances Cipta Budi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan salah satu pembangunan yang sukses digagas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Maluku adalah Pelabuhan Ambon Baru.

Menurutnya, gagasan Jokowi tersebut memastikan wilayahnya dapat melakukan kegiatan ekspor perikanan di Provinsi Maluku.

"Kita nanti punya pelabuhan internasional, melalui Pelabuhan Ambon Baru kita bisa ekspor langsung dari Ambon. Ini layak kita acungi jempol," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, aktivitas ekspor produk-produk yang dihasilkan di wilayah Indonesia Timur tidak lagi melalui Makassar atau Surabaya.

Baca juga: Luhut dorong pembangunan Pelabuhan Ambon Baru, dukung LIN di Maluku

Baca juga: KKP-Kemenhub sinergi kembangkan Pelabuhan Ambon Baru


Selain pembangunan Pelabuhan Ambon Baru, Iyances menjelaskan bahwa Jokowi juga sukses menghadirkan gagasan Tol Laut.

Hal tersebut, menurutnya, semakin memperjelas Jokowi memiliki keberpihakan pada wilayah-wilayah Indonesia Timur, khususnya yang berorientasi sebagai kawasan kepulauan.

"Pak Jokowi membangun tol laut yang dulunya tidak pernah diperhatikan. Ini menunjukkan bahwa pemerintahan Jokowi cukup memperhatikan wilayah-wilayah kepulauan seperti Maluku," tuturnya.

Ia juga menilai torehan kerja Presiden RI Joko Widodo selama hampir delapan tahun menjabat sebagai Kepala Negara dinilai sangat nyata.

Menurutnya, komitmen Presiden RI menghadirkan pemerataan pembangunan dengan mendorong infrastruktur di wilayah Indonesia Timur layak diacungi jempol.

Iyances mengakui keberhasilan Jokowi menghadirkan pembangunan di wilayahnya seiring dengan berbagai pembangunan infrastruktur terus dikebut oleh pemerintah.

Baca juga: Menhub jelaskan ke Presiden rencana pembangunan Pelabuhan Baru Ambon

Baca juga: BRIN-Unpatti lakukan penguatan program Pusat Kolaborasi Riset KTI

Baca juga: Unpatti: Hasil riset Teluk Ambon jangan sebatas konsep
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022