dapat memacu semangat pengembangan 'smart city' untuk mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Trenggalek
Kabupaten Trenggalek (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, meraih penghargaan kategori inovasi smart branding terbaik dalam forum Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2022 karena dinilai mampu mengimplementasikan inovasi kota cerdas dengan fokus pada pemulihan pascapandemi.

"Mendapat penghargaan 'smart branding' ini menjadi suatu hal yang cukup bergengsi, mengingat selain Kabupaten Trenggalek terdapat beberapa kabupaten lain yang juga memperebutkan penghargaan ini," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto dalam keterangannya di Trenggalek, Jumat.

Menurutnya, penghargaan itu diraih berkat sinergi dan kolaborasi sejumlah program pembangunan ekonomi yang dijalankan Pemkab Trenggalek.

Salah satunya adalah melalui Program Seratus Desa Wisata (Sadewa) yang berkonsentrasi untuk menumbuhkan sektor perekonomian masyarakat dari desa wisata.

Untuk menggerakkan roda perekonomian itu, pemerintah setempat menargetkan terbentuknya desa wisata rintisan maupun alam baru dengan jumlah 100 kurun waktu tiga tahun.

Baca juga: Pemkot Surabaya dan Pemkab Gresik salurkan bantuan bencana Trenggalek

Baca juga: Situs Gondang Trenggalek diperkirakan peninggalan Mataram Kuno


"Kemudian ada lagi program kewilayahan 'Prigi Front Beach City' dan juga 'Panggul Little Jogja' dan beberapa program-program lainnya. Dengan penghargaan ini semoga dapat memacu semangat pengembangan 'smart city' untuk mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Trenggalek,” imbuhnya.

Selama ini, Pemkab Trenggalek telah masuk 50 besar kabupaten atau kota di Indonesia untuk mendapatkan pendampingan penyusunan "master plan smart city 2022" dari Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui program gerakan menuju kota cerdas.

Trenggalek terpilih karena sudah menerapkan dasar-dasar "smart city", misalnya adalah bentuk transformasi birokrasi dengan adanya kafe pelayanan publik digital, Trenggalek "smart bench", Petung Dadi Versi 2.0, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Online dan lain-lainnya.

"Trenggalek ditunjuk karena beberapa dasar-dasar atau beberapa penerapan dari kota cerdas di Trenggalek sudah ada sehingga tinggal dipertajam. Kita terpilih untuk mewujudkan smart city Indonesia," pungkasnya. 

Baca juga: Trenggalek bangun tenda darurat untuk pengungsi korban tanah gerak

Baca juga: Pemkab Trenggalek bentuk tim percepatan penurunan kasus stunting

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022