Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari I. P di Medan, Senin, mengatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Sumut waspadai potensi hujan lebat di pegunungan

"Waspada potensi hujan lebat di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, Pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan. Pada siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah provinsi itu. Hujan lebat dapat terjadi di Langkat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan sekitarnya.

Pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah itu. Hujan lebat berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Asahan, Toba, Pakpak Bharat, Humbahas, Labusel, Labura, Labuhanbatu, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan longsor di Sumut

Baca juga: BMKG: Sumut berpotensi hujan sore dan malam hari


Pada dini h berpotensi hujan ringan di Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan sekitarnya.

Suhu Udara sekitar 16.0 – 31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-100 persen, angin berhembus dari Barat – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022