Kami juga sudah membuat tim mulai dari tim logistik, tim medis, tim SAR, atau pun tim yang menangani orang-orang (korban) bencana,...
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN untuk menurunkan tim Satgas Bencana BUMN ke lokasi gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Menteri BUMN Bapak Erick Thohir sudah meminta kami menurunkan tim Satgas Bencana BUMN ke lokasi," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Arya mengatakan, Koordinator Satgas Bencana (BUMN) Jawa Barat adalah dari Jasa Marga, dan mereka sudah turun ke lokasi, serta sudah berhubungan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sedang mendata kebutuhan-kebutuhan yang paling dekat dan terdekat dari kondisi masyarakat di sana.

"Kami juga sudah membuat tim mulai dari tim logistik, tim medis, tim SAR, atau pun tim yang menangani orang-orang (korban) bencana, kemudian tim sanitasi, kemudian tim alat berat. Kami juga akan menurunkan alat berat untuk membantu penanganan di sana, untuk perintis dari kawan-kawan Adhi Karya," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek koordinasi dengan Pemda terkait gempa Cianjur

Arya juga menambahkan, saat ini semua sedang berkoordinasi dan ini semua perintah dari Menteri BUMN untuk didorong secepatnya. Mereka sudah membantu sebisa yang ada, tapi juga secepatnya turun lebih besar ke sana.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin pukul 13.21 WIB.

Baca juga: Polisi sebut Jalur Puncak terputus akibat longsor pascagempa Cianjur

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022