Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur kehabisan stok vaksin COVID-19 sejak pertengahan Oktober 2022.

"Kekosongan ini sudah terjadi sejak pertengahan Oktober lalu. Kalau tidak salah sudah sebulan berjalan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur dr. Surip Tintin saat dihubungi dari Kupang, Senin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, menurut dia, sudah mengajukan permintaan stok vaksin COVID-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk sementara dihentikan sampai pasokan vaksin dari pemerintah provinsi datang.

"Menurut mereka pekan depan akan dikirim," katanya.

Ia mengatakan bahwa kekosongan stok vaksin COVID-19 antara lain menimbulkan kesulitan bagi warga yang hendak bepergian menggunakan pesawat terbang dan membutuhkan vaksinasi dosis penguat.

Menurut data Kementerian Kesehatan sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Manggarai Timur sebanyak 230.392 orang.

Surip mengatakan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut sudah mencakup sekitar 84 persen, 67 persen, dan 13 persen sasaran di Kabupaten Manggarai Timur.

Baca juga:
DKI Jakarta distribusikan 49 ribu dosis vaksin Zifivax ke 44 puskesmas
Penerima vaksinasi penguat bertambah jadi 66,136 juta penduduk

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022