Akan tetapi, pengoperasian KA Baturraden Ekspress ini untuk sementara hanya sebagai KA tambahan pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menjalankan KA Baturraden Ekspress pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dimulai pada 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

"Akan tetapi, pengoperasian KA Baturraden Ekspress ini untuk sementara hanya sebagai KA tambahan pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Krisbiyantoro di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Selain itu, kata dia, rute yang dilalui KA Baturraden Ekspress pun mengalami perubahan dari sebelumnya Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) menjadi Purwokerto-Kroya-Bandung PP.

Baca juga: KAI mulai layani penjualan tiket libur Natal dan Tahun Baru 2023

Dalam hal ini, KA 7094-7095 Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Kroya-Bandung diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 19.40 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 02.14 WIB.

Sementara itu KA 7096-7093 Baturraden Ekspress relasi Bandung-Kroya-Purwokerto diberangkatkan dari Stasiun Bandung pada pukul 08.50 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 15.03 WIB.

"Pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, kami juga mengoperasikan KA tambahan lainnya, yakni KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Kota PP," kata Krisbiyantoro.

Menurut dia, KA 259F Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Kota diberangkatkan dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 17.10 WIB dan tiba di Stasiun Jakarta Kota pukul 01.01 WIB.

Sementara itu KA 260A Kutojaya Utara relasi Jakarta Kota-Purwokerto-Kutoarjo diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 04.30 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 12.26 WIB.

"Selain KA Baturraden Ekspress dan KA Kutojaya Utara, Daop 5 Purwokerto juga dilayani beberapa KA tambahan dari Daop lain seperti KA Argo Dwipangga Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP dan KA Argo Lawu Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP," katanya.

Baca juga: KAI segera terapkan teknologi pengenal wajah

Selanjutnya, kata dia, KA Bogowonto relasi Lempuyangan-Pasarsenen PP, KA Senja Utama Yogyakarta relasi Pasarsenen-Yogyakarta, KA Fajar Utama Yogyakarta relasi Yogyakarta-Pasarsenen, KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir PP, KA Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasarsenen PP, dan KA Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP.

"Informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan dan tiket KA-KA tambahan tersebut dapat diakses melalui aplikasi KAI Access," kata Krisbiyantoro.

Dalam keterangan tertulisnya, Vice President Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, KAI mengoperasikan 56 KA tambahan untuk periode keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, sehingga secara keseluruhan ada tambahan 513.348 tempat duduk atau rata-rata 28.519 tempat duduk per hari.

Menurut dia, KA-KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP, Bandung-Purwokerto PP, Yogyakarta-Surabaya PP, dan sebagainya.

Ia mengatakan KA tambahan pada periode angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tersebut disediakan KAI agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari.

"Hadirnya KA tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Natal dan tahun baru ini serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Joni. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022