Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap besar peran aktif tiga pilar Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah/Desa mampu menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan dalam masyarakat.

"Unsur terpenting dalam menjaga stabilitas keamanan adalah tiga pilar yang terus menjalin sinergi dan koordinasi dalam masyarakat," ujarnya saat memberi sambutan dalam Tradisi Tiga Pilar di Polda Sulsel, Rabu.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan keberadaan tiga pilar sangat fundamental dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Menurut dia, tiga pilar ini banyak bersentuhan dengan masyarakat sehingga Pemprov Sulsel sangat berharap tiga pilar itu dapat semakin kompak demi terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dengan terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, maka akan membawa manfaat besar bagi masyarakat itu sendiri. Investasi pembangunan akan berjalan terus dengan terciptanya stabilitas keamanan itu," katanya.

Andi Sudirman menyatakan tiga pilar Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah/Desa hampir setiap saat bersentuhan dengan masyarakat sehingga dianggap mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

Dia menuturkan tiga pilar itu juga diharapkan mampu mengajak warga agar menjaga kerukunan antar sesama, melarang minum-minuman keras beralkohol, serta menjaga situasi yang aman.

"Kita tahu bahwa dalam masyarakat itu kadang muncul penyakit masyarakat seperti minum-minuman keras. Minuman keras itu menjadi pintu masuk dalam masalah-masalah sosial, karenanya peran tiga pilar ini mampu menjaga stabilitas keamanan masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022