Makassar (ANTARA) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan mengatakan partisipasi pemilih akan meningkat jika tempat pemungutan suara (TPS) ditata dengan rapi dan mudah diakses oleh masyarakat.

"Yang utama itu penempatan TPS harus di tempat yang mudah diakses oleh masyarakat. Ini juga adalah bagian dari strategi meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang ke TPS," ujarnya di Makassar, katanya.

Adnan Purichta Ichsan mengatakan tingginya partisipasi pemilih menjadi salah satu ukuran keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Keberhasilan ini pun didorong jika tempat pemungutan suara (TPS) dapat di akses seluruh lapisan masyarakat.

"Ukuran utama keberhasilan melaksanakan pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih. Jika angkanya tinggi, maka masuk dalam kategori sukses melaksanakan pemilu," katanya.

Ia mengatakan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di suatu daerah, maka yang bisa dilakukan adalah mendekatkan TPS masyarakat di sekitar wilayahnya.

"Kita bersyukur Gowa salah satu daerah yang selalu tinggi angka partisipasinya. Prestasi ini harus kita jaga dengan baik, caranya adalah penempatan TPS-nya yang harus diatur sebaik mungkin dan bisa dijangkau, termasuk pada kelompok penyandang disabilitas," tutur Sekjen Apkasi itu.

Dalam mengatur penempatan TPS kata Adnan, khususnya pada dataran tinggi yang lokasinya antara dusun satu dengan dusun lainnya yang sulit diakses harus mencari tempat memadai dan dekat dengan pemukiman warga sekitar.

"Dalam menentukan TPS apalagi dataran tinggi yang terdapat 9 kecamatan, harus betul-betul mencari tempat yang dekat dengan masyarakat," terangnya.

"Karena dataran tinggi sulit diakses jika sulit diakses maka membuat masyarakat malas datang untuk memilih. Jika ini dijaga maka Insyaallah partisipasi pemilih kita bisa meningkat dibandingkan pilkada lalu," tambah Bupati Gowa dua periode itu.

Sementara itu, Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan TPS yang mudah diakses oleh masyarakat menjadi salah satu indikator meningkatnya partisipasi pemilih.

"Apa yang disampaikan oleh Bupati Gowa menjadi perhatian kami. Selama ini, dalam penempatan TPS itu selalu mencari lokasi yang mudah diakses. Jika nanti di Pemilu 2024, kami pun pastinya akan mencari lokasi yang lebih strategis lagi agar masyarakat mau datang ke TPS menggunakan hak pilihannya," ucap dia.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022