Keluhan nyeri kepala umumnya disebabkan kurang istirahat, perasaan stres dan takut dengan gempa.
Jakarta (ANTARA) - Tim Medis PT Pertamina Bina Medika – Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) melayani pemeriksaan kesehatan sejumlah warga di Posko Pengungsian di Kampung Tunggilis Wetan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Corporate Secretary Pertamedika IHC, Nerisa Pitrasari mengatakan, pada hari keempat pascagempa bumi di Cianjur, sejumlah masalah kesehatan yang dikeluhkan masyarakat adalah myalgia cephalgia atau nyeri kepala. Untuk menangani kesehatan masyarakat, pihaknya memberikan edukasi cara menjaga kesehatan selama di pengungsian serta memberikan sejumlah obat-obatan ringan bagi warga yang memerlukan.

“Keluhan nyeri kepala umumnya disebabkan kurang istirahat, perasaan stres dan takut dengan gempa,” kata Nerisa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Layani VVIP, Pertamedika IHC luncurkan ambulans mini ICU ke KTT G20

Pertamedika IHC bersama dengan BUMN lainnya sudah menyiapkan beberapa titik posko pengungsian serta menyediakan berbagai bantuan sembako maupun sarana dan fasilitas untuk membantu masyarakat yang harus hidup sementara di luar rumahnya.

Tidak hanya layanan kesehatan, namun juga tersedia dapur umum untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar.

Namun demikian, hujan juga mengguyur Cianjur, sehingga kualitas istirahat warga di posko pengungsian terganggu dan tidak nyaman. Perkiraan curah hujan, pada beberapa hari mendatang, tim medis mewaspadai penyakit yang akan timbul di antaranya penyakit kulit, diare, ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) dan batuk pilek.

“Meski berada dalam kondisi yang tidak ideal, kami berharap masyarakat dapat berusaha berpikir positif supaya bisa memperkuat imunitas dari dalam tubuh,” ujar Nerisa.

Baca juga: BSI kirimkan tim rescue dan bantuan logistik ke masyarakat Cianjur

Hingga Rabu (23/11), Pertamedika IHC menurunkan tiga unit ambulans rescue/mini ICU, 5 dokter gawat darurat dan disaster management, satu dokter spesialis emergency serta tujuh perawat, yang dilengkapi obat-obatan dasar, untuk membantu penanganan pemulihan Cianjur.

Selain menjadi Posko Kesehatan, ambulans Pertamedika IHC juga menjadi armada rujukan bagi pasien yang perlu ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan guna penanganan intensif.

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN, yang saat ini menaungi 75 rumah sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022