Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin menanam pohon di halaman depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Iriana menanam pohon manggis varietas kaligesing, sedangkan Wury menanam pohon jambu biji varietas kristal, berdasarkan keterangan foto dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Iriana dan Wury juga memberikan bantuan berupa 300 bibit tanaman manggis, 500 bibit tanaman jeruk, dan 500 bibit tanaman jambu kepada kelompok Dasawisma PKK yang ada di Provinsi Sumatra Selatan.

Selain menanam pohon di rumah dinas Gubernur Sumsel, Iriana dan rombongan juga melakukan sosialisasi pilah sampah dan gerakan cuci tangan pakai sabun kepada siswa-siswi PAUD Asuhan Bunda II, Palembang.

Dalam kesempatan itu, Iriana juga menemani anak-anak PAUD Asuhan Bunda II untuk belajar sambil bermain.

Anak-anak PAUD diajak melakukan permainan menebak gambar buah-buahan dan hewan yang ditunjukkan oleh Iriana dan Wury. Bagi anak-anak yang bisa menebak dengan cepat dan semangat akan mendapatkan hadiah dari Iriana dan Wury.

"Ini hewan apa hayo?" tanya Iriana sambil memegang boneka tangan berbentuk gajah.

"Gajah," jawab anak-anak dengan semangat dan antusias.

"Belalainya yang mana? Yang benar ibu kasih hadiah," ujar Iriana.

Setelah mengenalkan nama-nama buah dan hewan, Iriana, Wury, dan para anggota OASE KIM memberikan bingkisan kepada anak-anak sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih.

Selanjutnya, Iriana, Wury, dan rombongan dijadwalkan akan meninjau pelatihan pembuatan kerajinan anyaman, bambu, dan tenun. Kemudian, Iriana, Wury, dan rombongan juga akan meninjau pameran kerajinan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Provinsi Sumatera Selatan dan menuju The Sultan Convention Center untuk melakukan sosialisasi literasi digital dan anti-narkoba.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, Iriana, Wury, serta seluruh anggota OASE KIM akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU 737-400 melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022