Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin, mengajak kader PKK dan Posyandu untuk mensosialisasikan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) kepada masyarakat guna mencegah kanker payudara.

Dalam sosialisasi di Griya Agung, Rumah Dinas Gubernur Sumatra Selatan di Palembang, Kamis, Iriana dan Wury memberikan sosialisasi dengan didampingi oleh para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Baca juga: Masyarakat harus diedukasi untuk periksa kanker payudara

Baca juga: Ibu Iriana Joko Widodo ajak ibu-ibu sosialisasikan "sadari"


“Kami mendapatkan arahan dari Ibu Negara untuk melakukan edukasi ke seluruh masyarakat agar kita semua bisa melakukan ‘Sadari’,” kata Wakil Ketua Bidang 2 OASE KIM, Ida Sadikin, dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Kamis.

Ida mengatakan pemerintah tak bisa bekerja sendiri dalam upaya pengentasan kanker payudara. Upaya tersebut perlu keterlibatan semua pihak, termasuk kader PKK dan Posyandu.

“Pemerintah tidak bisa mengupayakan sendiri, harus ada perpanjangan tangan dari kami OASE KIM kepada ibu-ibu semua sebagai kader Posyandu yang Insya Allah akan membantu pemerintah, membantu program OASE supaya kita bisa mengentaskan masalah kanker payudara di Indonesia,” kata Ida.

Sebelumnya, Iriana dan Wury dalam kunjungan kerja di Sumatera Selatan, juga melakukan penanaman pohon manggis dan jambu di halaman Rumah Dinas Gubernur Sumatra Selatan. Setelah itu, Iriana, dan rombongan disuguhkan penampilan tarian tenun songket dan kemudian meninjau pelatihan tenun dan anyaman bambu.

Selanjutnya, Iriana dan rombongan juga turut menyaksikan peragaan busana Wastra Palembang dan busana daerah Sumatra Selatan serta diakhiri dengan meninjau pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Provinsi Sumatra Selatan.

Baca juga: Pentingnya Sadari bagi penyintas kanker payudara dan wanita usai haid

Baca juga: LovePink: Pemeriksaan dini perbesar peluang sembuh kanker payudara


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022