Purwokerto (ANTARA) - Pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah memprioritaskan musyawarah mufakat, kata anggota Steering Committee Muktamar Ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah Said Ba Umar.

"Kecuali apabila musyawarah mufakat ini tidak tercapai, maka dilakukan pemilihan dengan suara terbanyak," katanya saat konferensi pers Muktamar Ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut dia, agenda pemilihan Ketum PP Al Irsyad Al Islamiyyah periode 2022-2027 akan dilaksana pada Kamis (24/11) malam dan saat ini masih dilakukan pembahasan tata tertib pemilihan.

Baca juga: Wapres buka Muktamar Nasional Al Irsyad Al Islamiyyah di Purwokerto

Disinggung mengenai jumlah kandidat ketua umum, Said mengatakan hingga saat ini belum diketahui siapa saja yang akan maju sebagai calon Ketum PP Al Irsyad Al Islamiyyah.

"Biasanya calon itu muncul pada detik-detik terakhir. Sampai saat ini belum kelihatan siapa calonnya, biasanya setelah selesai pembahasan tata tertib pemilihan, baru kandidat itu muncul," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya sebisa mungkin tetap dengan cara musyawarah mufakat dalam pelaksanaan pemilihan ketua umum.

Baca juga: Al Irsyad Al Islamiyyah tegaskan tidak terjun ke politik praktis

Menurut dia, kriteria calon ketua umum di antaranya memiliki integritas yang bagus, merupakan warga Al Irsyad Al Islamiyyah, dan secara umum seperti halnya pemilihan yang lainnya.

Terkait dengan peluang Dr Faisol Nasar bin Madi kembali terpilih sebagai ketua umum, dia mengatakan hal itu bisa saja terjadi karena yang bersangkutan baru satu periode menjabat Ketum PP Al Irsyad Al Islamiyyah.

"Jadi masih ada harapan dia (Faisol, red.) untuk bisa memimpin dua periode, kalau mau, Insya Allah," kata Said.

Baca juga: Al Irsyad Al Islamiyyah salurkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur

Muktamar Nasional Ke-41 Al Irsyad Al Islammiyah dengan tema "Membangun Al Irsyad Al Islamiyyah yang Maju, Bersahabat dan Bermartabat, Untuk Indonesia Emas 2045" digelar pada tanggal 22-25 November 2022, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin di Purwokerto pada Rabu (23/11) sore.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022