Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 bertambah 23 orang pada Jumat, sehingga total orang terpapar virus corona yang menjalani karantina menjadi 116 orang.

"Hari ini kasus orang terpapar COVID-19 bertambah 23 orang, atau lebih banyak dibandingkan pasien sembuh sebanyak 12 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Kemenkes ingatkan masyarakat jangan lengah terapkan prokes

Ia mengatakan penambahan 23 orang terpapar COVID-19 tersebar di Kabupaten Pangkalpinang 10 orang, Bangka 6 orang, Bangka Barat 2 orang, Bangka Tengah 2 orang, Belitung 2 orang, Bangka Selatan 1 orang.

"Hari ini hanya Belitung Timur tanpa penambahan kasus COVID-19, sehingga pasien aktif di daerah itu tersisa satu orang," ujarnya.

Dengan penambahan 23 kasus ini, kata dia, pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina menjadi 116 orang tersebar di Pangkalpinang 32 orang, Belitung 31 orang, Bangka 22 orang, Bangka Tengah 14 orang, Bangka Barat 13 orang, Bangka Selatan 3 orang, dan Belitung Timur 1 orang.

Baca juga: Epidemiolog: Masyarakat jangan abaikan protokol kesehatan

"Dalam tiga hari terakhir ini terjadi penambahan kasus sehingga masyarakat diminta untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi COVID-19," kata Mikron.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan dalam beberapa bulan terakhir jumlah kasus di daerah itu melandai dan belum pernah terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan seperti awal pandemi COVID-19.

Baca juga: Prokes dan 3T tetap perlu untuk cegah peningkatan COVID-19

"Kami berharap situasi seperti ini bisa terus dijaga masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga jumlah kasus bisa terus menurun," katanya.
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022